A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 282

Terlambat Haid - Tanya Dokter
klikdokter.com
Minggu, 31 Agustus 2014
<

Terlambat Haid

Dok, saya saya terlambat haid sudah 15 hari saya coba tes pack selalu negatif, kemaren saya periksa dan sudah di usg cuma tidak diberi tahu kejelasan keterlambatan saya , hanya pada kartu periksa saya tertera 1.0.? kemudian saya diberikan obat nerolut nerothisteron dan metformin 500 mg> begitu saya tanya secara cetail kenapa kok saya dikasih obat ini , dan untuk apa obat-2 tersebut, hanya diberi tahu kalo nerolut untuk penyeimbang hormon agar saya bisa segera mens dan metformin adalah penyubur kandungan. Kenapa saya diberi obat yang kontra indikasi ya dok , Maaf banget bawel nanyanya , saya baru menikah 9 bln dan kami ingin sekali punya anak, Mohon dijawab ya dok saya bingung banget



Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Apakah Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan? Anda perlu menanyakan kepada dokter Anda mengenai diagnosis Anda. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, nampaknya Anda diduga mengalami PCOS.

PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) merupakan gangguan pada wanita akibat ketidakseimbangan hormonal. PCOS menyebabkan hiperandrogenisme pada wanita yang mengakibatkan terjadinya gangguan siklus menstruasi. Terjadi pada 1 dari 15 wanita dan umumnya pada usia reproduktif. PCOS memiliki gejala seperti jerawat,  rambut rontok (androgenik alopesia), gangguan kesuburan, diabetes melitus (10%), rambut-rambut halus tumbuh di wajah dan badan, dan obesitas (50%).

PCOS mempengaruhi infertilitas (gangguan kesuburan ) dikarenakan menyebabkan wanita menghasilkan sikus anovulatoar (tidak mengandung sel telur) akibat dari ketidakseimbangan hormonal. Kemungkinan hamil akan menjadi kecil apabila memang siklus Anda tidak mengandung sel telur dimana tidak akan terjadi pembuahan meskipun Anda berhubungan di masa subur.

Adanya PCOS dapat diketahui melalui pemeriksaan USG trans-vaginal, yaitu dengan menilai bentuk dari indung telur (ovarium).

Metformin merupakan obat antidiabetik yang biasa diberikan kepada penderita gula darah untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Penggunaan metformin pada penderit PCOS juga memiliki tujuan yang sama seperti penggunaannya pada penderita gula darah, yaitu untuk memperbaiki resistensi insulin tubuh sehingga kadar gula darah dalam tubuh dapat diturunkan kembali ke kadar normalnya. Metformin juga memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan metabolisme lainnya.

Penggunaan metformin tidak ditujukan untuk memperbaiki tingkat kesuburan anda. Untuk mengatasi masalah gangguan kesuburan, diperlukan terapi hormonal lainnya (seperti obat kontrasepsi oral) yang diberikan setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan subspesialis endokrin.

Norelut (norethisterone) merupakan obat yang digunakan untuk memperbaiki keseimbangan hormon pada kasus tidak mendapat haid tanpa gangguan organik.

Apa yang kami sampaikan merupakan dugaan karena diperlukan informasi yang lebih lengkap. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter Anda untuk mendiskusikan mengenai kondisi kesehatan Anda dengan lebih mendetil.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

Ditulis oleh:

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Tegang Leher
Nyeri Dada Kanan
Nyeri Daerah Dada