A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 282

Benjolan Pada Lutut - Tanya Dokter
klikdokter.com
Rabu, 03 September 2014
<

Benjolan Pada Lutut

Assalamu'alaikum Wr.Wb Sebelumnya terima kasih. saya ingin tanya sesuatu tentang penyakit saya dan bagaimna solusinya. saya dari tahun 2003 terjun di bidang atlet panjat tebing, dan saat itu muncul benjolan kecil di kaki saya dekat lutut agak di samping. nah setelah itu saya tiap hari terus latihan panjat dinding selama 3 tahun, dan benjolan itu juga semakin besar seperti bola pingpong agak kecil dikit. stelah tahun 2007 baru saya operasi benjolan tersebut di RSU Kota Ngawi tempat tinggal saya, setelah itu udah nggak ada gangguan dan saya pikir dah sembuh total, lama kelamaan benjolan itu tumbuh lagi smpai sekarang, dan kini sudah sama kayak dulu besarnya, benjolan ini dulu di operasi dalamnya seperti ada kantong yang berisikan kotoran berwarna hijau. jadi saya ingin tanya ini penyakit apa? saya baca-baca seperti kista ganglion. dan di pergelangan tangan saya kiri dan kanan juga tumbuh tapi nggak apa dari dulu, nggak ada pembengkak'an, cuma di kaki itu saja. jadi saya ingin tanya ini penyakit pa yang ada di kaki saya dan bagaimana solusinya biar nggak kambuh lagi.? karena saya takut akan tumbuh terus. mohon balasannya. salam dari saya. Sofyan.



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sulit untuk menentukan diagnosis terhadap keluhan benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung ataupun pemeriksaan penunjang. Keluhan Anda adalah benjolan pada daerah lutut. Kami perlu mengetahui sifat dari benjolan tersebut, apakah kenyal, mudah digerakkan, ukurannya, apakah sewarna kulit, apakah terasa nyeri, dsb. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, terdapat kemungkin bahwa yang Anda alami adalah Kista Baker.

Kista Baker adalah benjolan kista di daerah lutu yang merupakan pembengkakan jinak pada bantalan persendian lutut. Pembengkakan ini terjadi karena cairan sendi lutut yang diproduksi terdorong keluar oleh desakan tulang dan persendian lutut sehingga membentuk kantung yang berisi cairan. Biasanya kista ini terletak di bagian belakang lutut. Hal ini biasanya dipicu dari kejadian radang sendi (artritis) dan memang sering terjadi pada mereka yang sering menggunakan lututnya (atlit).

Namun, untuk memastikan diagnosis ini diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang seperti USG atau MRI. Bila memang Kista Baker maka terdapat beberapa pilihan penanganan seperti aspirasi (pengambilan) cairan, pemberian suntikan anti radang (kortikosteroid) dan tindakan lain yang diperlukan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Saat ini sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan untuk memperoleh penanganan yang optimal. Anda juga dapat melakukan tips berikut:

1. Istirahatkan lutut Anda. Jangan melakukan kegiatan fisik berlebihan. Bila perlu gunakan tongkat penyangga untuk membantu Anda berjalan agar lutut Anda dapat beristirahat.

2. Gunakan es untuk mengompres bagian yang nyeri atau Anda dapat menggunakan bebat untuk mengkompresi lutut.

3. Letakkan kaki Anda dalam posisi elevasi (dinaikkan lebih tinggi), terutama pada malam hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)
 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

Ditulis oleh:

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Bintik Putih Pada Wajah
Hasil Pemeriksaan Antibodi HIV 2
Setelah Melahirkan Rambut Rontok