klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register

Nyeri Dada Kanan

Saya akhir-akhir ini sering mengalami nyeri pada dada kanan atas dan sesak tanpa batuk. riwayat medis pernah TB paru 12th yg lalu. rongten terkhir bulan Desember akhir di paru kanan atas terdapat infiltrat. Saya juga punya gasthritis kronis. Dulunya saya kira karena gasthritisnya, tetapi daerah nyeri hanya di dada kanan atas saja. apakah ada hubungannya dengan infiltrat tadi sehingga ada penyumbatan? Apakah infiltrat tersebut berbahaya? terakhir kali saya ke Dr. Sp paru hanya diberi analsik dan obat maag. Namun sakitnya malah sering muncul.



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum kami melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Apakah Anda sudah menjalani pengobatan untuk TB paru hingga selesai selama 6-9 bulan? Apakah Anda sudah dinyatakan sembuh melalui pemeriksaan laboratorium (dahak)? Apakah Anda merasakan nyeri di dada kanan terutama pada saat menarik napas? Bagaimana sifat nyeri pada dada kanan Anda? Kapan saja nyeri dada ini terasa? Apakah batuk yang Anda alami merupakan batuk kering atau berdahak? Adakah gejala-gejala lain yang dirasakan?

Saat ini sulit bagi kami untuk menentukan kondisi yang Anda alami dengan informasi yang terbatas. Diperlukan juga pemeriksaan fisik untuk mengetahui kondisi yang Anda alami saat ini. Masih terdapat kemungkinan hasil pemeriksaan rontgen pada paru kanan atas Anda adalah pembentukan jaringan parut dari penyakit TB paru Anda yang menunjukkan gambaran seperti infiltrat. Untuk itu hasil pemeriksaan rontgen paru Anda sangat perlu dikonfirmasi dengan gejala klinis yang Anda alami dan pemeriksaan fisik. Pada paru yang mengalami proses parut karena proses penyembuhan seharusnya tidak memerlukan penanganan, namun pada paru yang mengalami proses parut karena penyakit TB yang masih berlanjut maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai.

Kami sarankan, Anda dapat meminta penjelasan lengkap dari dokter spesialis Anda mengenai kondisi kesehatan Anda saat ini dan mendiskusikan yang sebaiknya penanganan yang bisa Anda peroleh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter