klikdokter.com
Kamis, 28 Agustus 2014
<

Feses Berwarna Hitam

salam. dokter, istri saya baru saja melahirkan 5 hari yang lalu, selama 5 hari ini mengkonsumsi beberapa obat pasca persalinan untuk penyembuhan luka jahitan dan masa pemulihan. Istri saya mengeluarkan feces berwarna hitam apakah ini normal? dan apakah ini juga berpengaruh kepada bayi kami, karena sampai saat ini juga mengeluarkan feces kehitaman dan lengket seperti mekonium? terima kasih



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Feses yang berwarna hitam dapat disebabkan karena terjadinya perdarahan pada daerah lambung dan darah yang keluar teroksidasi oleh sama lambung sehingga menyebabkan warna hitam pada feses atau karena konsumsi suplemen zat besi atau juga bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi oleh istri Anda. Untuk itu bila memang fesesnya berwarna hitam maka perlu diketahui bagaimana kondisi keadaan umum istri Anda saat ini? Sudah berapa lama kondisi ini terjadi? Bagaimana dengan konsistensi feses? Adakah keluhan lain yang menyertai? Apa saja makanan atau obat-obatan yang dikonsumsi istri Anda? Apakah istri Anda memiliki riwayat penyakit maag sebelumnya?

Mengenai bayi Anda, mekonium yang keluar setelah 12-24 jam pertama biasa berwarna hijau kehitaman memang normal. Seiring dengan berjalannya waktu dan ketika bayi Anda sudah mulai mengonsumsi ASI secara teratur maka warna feses bayi Anda akan mulai berubah warna. Biasanya perubahan warna feses bayi juga bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi Ibu.  Apakah anak Anda sudah mulai mengkonsumsi ASI?

Bila memang kondisi istri Anda mengkhawatirkan, kami sarankan agar Anda membawa istri Anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan teliti agar bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)
 

Salam,

Tim Redaksi

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Gejala Impotensi?
Hamil dengan Obesitas
Bintik-Bintik di Leher