klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register

gigi tambalan bisa pakai behel?

dok.. mau tanya.. gigi depan saya ini tambalan .. dan gigi saya berlubang.. dan ada gingsul di gigi sebelah kanan,, dgn gigi saya yg tambalan.. apakah bisa ya pake behel ? mhon di jwb ya dok, terima kasih..



Sdri yang terhormat,
Pada prinsipnya bisa saja. Yang pasti, sebelum perawatan orthodontik (awam menyebutnya behel, atau kawat gigi) gigi yang bermasalah harus ditangani terlebih dulu. Gigi yang berlubang ditambal, dan gigi yang lubangnya sudah terlanjur dalam dan mencapai rongga berisi syaraf harus dirawat syaraf terlebih dulu. Gigi juga harus bebas dari karang gigi, serta gigi yang sudah rusak/mati dan tinggal sisa akar harus sudah dicabut.

Perlu saya tekankan, pemasangan kawat gigi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus sesuai indikasi, dan ada standar operasionalnya. Harus dilakukan oleh ahli yang berkompeten yaitu drg spesialis orthodonti atau setidaknya drg umum yang sudah mengikuti kursus orthodontik. Sangat tidak disarankan untuk mencari perawatan ke ahli/tukang gigi yang belakangan makin marak, karena mereka tidak memiliki izin, wewenang dan ilmu medis yang benar meski menawarkan harga yang murah dan jauh dibawah tarif yang diberlakukan dokter gigi spesialis. Perawatan yang dilakukan secara asal-asalan dan tidak mengikuti kaidah medis yang benar akan membawa dampak buruk bagi pasien, alih-alih mengatasi keluhannya.

Jadi saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter gigi dengan reputasi yang baik, agar keberhasilan perawatan dapat tercapai.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter