klikdokter.com
Selasa, 22 Juli 2014

Feses Anak Hijau

Dokter, bayi permepuan saya sekarang berusia 8,5 bulan. Saat usia 6 bulan sudah mulai saya berikan MPASI. - Sekitar 6 hari lalu (Rabu, 5/1/2011), saya coba berikan sawi hijau. - Hari pertama (Rabu, 5/1) sebanyak 1 helai, alhamdulillah BAB nya lancar, padahal sejak 3 hari sebelumnya belum BAB. - Tapi setelah hari ke-2 (Kamis, 6/1) saya kenalkan pada sawi, BAB nya jadi terlalu lancar: tiap makan langsung BAB dan warna tinjanya hijau dan lebih berbau dari biasanya. - Esoknya (Jumat, 7/1) sore suhu badannya meningkat, dan di malam hari mencapai 38C, badannya terlihat kurang segar, tidak antusias bermain, dan nafsu makannya menurun. Sebelum tidur malam itu, saya berikan paracetamol 2,5mL (1 dosis). - Lalu besoknya (Sabtu, 8/1) saya berikan lagi 2 dosis (siang dan malam) krn suhunya naik lagi (padahal pagi hari sempat turun). - Ahad (9/1), suhu tubuhnya normal, dia sudah bermain dan beraktivitas seperti biasa, BAB nya sekitar 4-5 jam setelah makan, tapi tinjanya bervariasi, kadang kuning, kadang hijau. Nafsu makannya membaik, tapi dia tidak lagi antusias menghabiskan dalam sekali makan seperti biasanya (sekarang, bayi saya harus disuap sedikit-sedikit sambil diselingi bermain). - Senin (10/1), BAB nya masih hijau. Dokter, kira-kira apa sebab pencernaan anak saya ini terganggu? Terima kasih untuk jawabannya.



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada bayi perubahan warna feses menjadi hijau masih dapat dikatakan sebagai suatu perubahan yang normal, selama tidak disertai oleh keluhan-keluhan lain, seperti nafsu makan menurun, terdapat darah pada BAB, muntah, bayi lebih rewel, berat badan menurun, dan lain sebagainya. Selain itu feses bayi memang umumnya tidak berbentuk, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehari atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 7 hari.

Feses yang berubah menjadi hijau dapat terjadi karena bayi Anda hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak. Lemak biasanya didapatkan oleh bayi dari ASI. Namun bukan berarti semua ASI yang diberikan pasti tinggi lemak. Dalam payudaranya, ibu memiliki ASI depan (foremilk) dan ASI belakang (hindmilk).

Saat bayi menyusu, ia akan selalu menghisap ASI depan terlebih dahulu. ASI depan (foremilk) memiliki banyak kandungan gula dan laktosa tapi rendah lemak. Sementara ASI belakang (hindmilk) mengandung banyak lemak. Pada bayi yang diberikan ASI eksklusif, feses yang keluar akan didominasi warna kuning/golden feces, dan warna tersebut normal. Warna kuning ini berasal dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu.

Pada anak yang diberikan makanan lain selain ASI, seperti bayi Anda, maka saat minum ASI anak hanya mampu mengkonsumsi ASI depan (foremilk) karena bayi sudah cukup kenyang untuk mengkonsumsi ASI hingga habis. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan pada proses pencernaan dan akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga menyebabkan terbentuknya gas yang terlalu banyak sehingga bayi sering kentut dan merasa tidak nyaman.

Sedangkan untuk kondisi demam pada anak Anda, apakah disertai dengan pilek, batuk? Bagaimana dengan frekuensi BAB pada anak Anda? Demam pada anak Anda dapat disebabkan tidak hanya dari saluran pencernaan, namun juga dari saluran pernapasan yang seringkali terjadi pada anak-anak, terlebih lagi dengan kondisi cuaca seperti akhir-akhir ini.

Karena anak Anda baru saja membaik dari demam, maka mungkin sekali terjadi gangguan terhadap nafsu makannya. Anda perlu memperhatikan apakah nafsu makannya terus membaik. Bila terus membaik maka proses penyembuhan anak Anda berlangsung dengan cukup baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Benjolan di Perut
Pneumonia Pada Anak
Batu Ginjal dan ESWL