klikdokter.com
Selasa, 30 September 2014
<

Nyeri Dada Kiri

Salam kenal.. Mau nanya dok.., saya sering merasakan nyeri otot(?) di bagian dada sebelah kiri sampai ke bagian belakang dan lengan kiri terlebih sehabis berolahraga sepeda atau bekerja di depan komputer. Akan terasa lebih enakan setelah digosok dengan minyak tawon. Apakah rasa sakit ini hanya nyeri otot biasa ( masuk angin, rematik dsb) atau ada hubungan dengan penyakit dalam?.Adakah obat atau makanan/minuman yang baik untuk mencegah rasa nyeri tersebut?. Perlu saya sampaikan juga bahwa saya perokok dan peminum kopi berat.Demikian keluhan saya, atas jawaban dokter, saya ucapakan terimakasih



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan nyeri di dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan kulit, otot, tulang, paru-paru, atau jantung. Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan nyeri dada yang Anda rasakan?

 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. 

Selain gejala, tentunya dibutuhkan pemeriksaan tambahan, seperti EkG, untuk memastikan apakah keluhan yang Anda alami disebabkan karena penyakit jantung. Setelah pemeriksaan EKG, dilakukan juga pemeriksaan laboratorium enzim jantung, yaitu CK, CK-MB, dan Troponin kardiak (I dan T). Pemeriksaan imaging seperti Echocardiografi dilakukan jika pada pemeriksaan fisik oleh dokter ditemukan kelainan yang mengarah pada gangguan fungsi jantung. Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti :

  • Merokok, berapapun jumlahnya
  • Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi
  • Hipertensi
  • Kadar kolesterol HDL yang rendah
  • Diabetes Mellitus
  • Usia lanjut
  • Obesitas (IMT > 25 mg/m2)
  • Kebiasaan kurang bergerak/aktivitas fisik
  • Riwayat keluarga menderita PJK pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita)
     

Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan wawancara medis yang lebih mendetil dan pemeriksaan lanjutan. Dengan demikian dapat ditentukan penyebab pastinya dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

Super Administrator Ditulis oleh:

Super Administrator

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Mata Anak Belekan
Mengatasi Disfungsi Ereksi
Pusar Bengkak Bergetah