klikdokter.com
Jumat, 25 April 2014
Login | Register

Perlukah imunisasi TT saat hamil?

dok, usia kehamilan saya 26 minggu, sebelum menikah saya suntik TT 1x, apakah saya harus suntik lg? suntik apa saja? trus kpn hrs melakukan suntiknya? makasih.



Ibu yang Terhormat,

 

Terima kasih telah mendapatkan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Imunisasi TT yang dilakukan pada usia produksi (sebelum menikah) dan saat hamil sebenarnya bermanfaat untuk melindungi bayi yang akan lahir dari tetanus neonatorum. Tetanus neonatorum adalah penyakit tetanus yang terjadi pada neonatus (bayi berusia kurang 1 bulan) yang disebabkan oleh clostridium tetani, yaitu kuman yang mengeluarkan toksin (racun) dan menyerang sistem saraf pusat. Selain itu, pemberian vakin ini juga dapat melindungi ibu terhadap kemungkinan tetanus apabila terluka. Tetanus neonatorum  biasanya bersifat fatal, terutama sering ditemukan didaerah rural dimana persalinan terjadi di rumah tanpa prosedur yang cukup steril. Namun kini, proses persalinan sudah dapat dilakukan oleh bidan atau dokter dengan peralatan yang lebih steril. Maka, angka kejadian tetanus neonatorum dapat ditekan.

Berdasarkan petunjuk BKKBN, imunisasi TT diberikan sebanyak 2 kali dengan jarak waktu antara imunisasi pertama dan kedua 4 minggu. Imunisasi ini diberikan sebelum usia kehamilan 8 bulan, dan suntikan pertama dapat diberikan sejak pertama kali diketahui kehamilan positif dan suntikan kedua 4 minggu kemudian. Imunisasi TT ini sebenarnya program pemerintah yang lebih diperuntukkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan atau luar kota yang akan melahirkan dengan dukun beranak atau bidan di rumah, karena ditakutkan alat yang dipergunakan untuk memotong tali pusat tidak steril. Jika Anda melahirkan dengan bantuan dokter yang berkompeten di sebuah rumah sakit atau tempat yang terpercaya, biasanya imunisasi TT perlu diberikan lagi.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

 



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter