klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Luka Operasi Berdarah

Pagi Dok, Dok, saya mau menanyakan tentang penyakit yang sedang dialami papa saya. Seminggu yang lalu papa saya dioperasi usus buntu dan kata dokter sudah pecah di dalam, jadi bakteri dan lain sebagainya sudah menyebar kemana-mana, maka ketika dioperasi isi perut papa saya dicuci, dan karena hal tersebut, perut papa saya ada yang dilubangi, dan sebagian kecil jahitannya pun ada yang dibuka, karena kata dokter bedahnya agar nanah dan darah sisa radang ususnya keluar. yang mau saya tanyakan adalah : 1. Berapa lama darah dan nanah tersebut berhenti keluar pasca operasi? 2. Apakah membersihkan luka yang terbuka sesering mungkin (2x sehari, pagi dan sore) akan memperlambat pengeringan luka? 3. Kata Dokter, ketika dibersihkan darah dan nanahnya, bagian yang bolong harus ditekan-tekan, agar darah dan nanahnya keluar, apakah prosedur itu sudah benar? karena menurut saya, daging yang terbuka bekas operasi akan butuh waktu lama untuk rapet lagi dibandingkan dengan daging yang dijahit, apalagi darahnya keluar terus, otomatis daging/kulit yang terbuka akan basah terus. 4. menurut Dokter tindakan apa yang harus kami lakukan apabila darah tersebut tetap ngerembes/keluar setelah seminggu lebih berlalu? Sekian pertanyaan dari saya, sebelumnya untuk jawaban yang Dokter berikan saya ucapkan banyak terimakasih. Irma.



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bagaimana kabar Anda dan Ayah? Terima kasih untuk kesetiaannya menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam penanganan appendisitis perforasi (usus buntu meradang yang pecah di dalam) diperlukan pembersihan/pencucian perut agar infeksi tidak menyebar ke mana-mana.
Setelah perut ditutup, luka sayat ditutup, kemudian dipasang drain agar ada jalur keluar nanah. Yang ingin kami pastikan adalah, apakah memang sejak awal lukanya dibiarkan terbuka (apakah yang dimaksudkan adalah drain untuk jalur keluar nanah) atau luka sayatannya terbuka karena infeksi luka operasi?

Karena, terdapat risiko besar infeksi bila memang terjadi peritonitis luas sehingga mungkin juga terjadi karena infeksi luka operasi. Jika terjadi infeksi luka operasi,maka  terpaksa luka tersebut dibiarkan terbuka kemudian dibiarkan kering. Perawatan dapat menggunakan kassa lembab yang menempel pada luka, kemudian di atasnya menggunakan kassa kering. Kassa dapat diganti jika kassa keringnya sudah ikut menjadi basah, biasanya 1x per hari, mungkin bisa 2x per hari tergantung kondisi. Luka sayatan ditutup jikalau sudah kering dan tidak ada nanah. Ini dapat berlangsung agak lama.

Namun jika darah keluar terus menerus, sebaiknya Ayah Anda tetap rutin dibawa kontrol dengan dokter yang melakukan pembedahan untuk memastikan apakah berbahaya atau tidak.

 

1. Berapa lama darah dan nanah tersebut berhenti keluar pasca operasi?

 

 

Hal ini sangat tergantung dari berapa banyak nanah yang ada di dalam rongga perut, dapat agak lama dengan rata-rata normal sekitar 5-7 hari.

 

 

 

 

2. Apakah membersihkan luka yang terbuka sesering mungkin (2x sehari, pagi dan sore) akan memperlambat pengeringan luka?

 

 

Tidak juga, bila dilakukan dengan prinsip yang tadi disebutkan di atas. Bila kassanya sudah mulai basah harus diganti, jangan dibiarkan terus.

 

3. Kata Dokter, ketika dibersihkan darah dan nanahnya, bagian yang bolong harus ditekan-tekan, agar darah dan nanahnya keluar, apakah prosedur itu sudah benar? karena menurut saya, daging yang terbuka bekas operasi akan butuh waktu lama untuk rapet lagi dibandingkan dengan daging yang dijahit, apalagi darahnya keluar terus, otomatis daging/kulit yang terbuka akan basah terus.

 

Sekitar luka memang harus ditekan-tekan supaya nanahnya banyak keluar, nanah semakin banyak keluar, semakin cepat sembuh. Memang akan jadi lama, tapi jika luka dijahit sebelum nanahnya habis/masih ada infeksi, justru luka yang dijahit tersebut akan terbuka lagi. Akhirnya malah akan menjadi lebih lama penyembuhannya.

4. menurut Dokter tindakan apa yang harus kami lakukan apabila darah tersebut tetap ngerembes/keluar setelah seminggu lebih berlalu?

Maka Anda dan Ayah perlu membawa diri untuk kontrol dengan dokter yang melakukan pembedahan sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

Super Administrator Ditulis oleh:

Super Administrator

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Mata Rabun
Telat Haid: Hamil?
Kehamilan Rawan Keguguran