klikdokter.com
Sabtu, 23 Agustus 2014
<

Bintik Merah Pada Bayi

Dok, saya mau tanya mengenai kesehatan anak saya. anak saya lahir 27 April 2010 (6bulan 11hari) 3 hari ini kulitnya bintik-2 merah di kaki, tangan dan kening,bandannya hanya ada satu atau dua bintik-2 saja,warnanya agak sedikit merah dan seperti gelembung putih tapi tidak ada cairannya, badan nya tidak panas dan anaknya jga tidak rewel. itu penyakit apa ya dok? kemarin saya periksakan ke dokter spesialis anak katanya virus atau digigit binatang, saya kurang puas dengan jawabannya. sebagai tambahan : kami tidak ada riwayat alergi dalam keluarga. atas jawaban dokter saya ucapkan banyak terima kasih



Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat langsung. Namun, kami akan berusaha sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan Anda.

Penyebab bintik-bintik merah pada bayi yang paling sering adalah biang keringat, alergi atau gigitan serangga.

Bintik-bintik merah dan seperti ada gelembung putih pada kulit bayi Ibu dapat merupakan biang keringat. Biang keringat di dalam bahasa medis dikenal dengan miliaria. Miliaria adalah penyakit kulit yang ditandai dengan kemerahan, muncul papul (bintil-bintil), dan gatal. Penyebab dari miliaria adalah sumbatan dari kelenjar keringat akibat dari kondisi udara yang panas dan lembab. MIliaria umum terjadi pada anak dan bayi karena fungsi kelenjar keringat mereka yang belum sempurna.

Penanganan miliaria dapat dilakukan dengan:

  • Menghindari udara panas dan lembab yang bisa menyebabkan bayi tambah berkeringat
  • Menggunakan lotion calamin untuk mendinginkan dan mengurangi gatal (caladine termasuk lotio calamin)
  • Kompres dingin pada bagian miliaria apabila sangat gatal
  • Menghindari kulit bayi dari iritasi (baju tebal, sabun dewasa)
  • Penggunaan steroid topikal dapat digunakan untuk mengurangi gatal
  • Antiseptik dan antibiotik antistaphylococcal akan menghambat pertumbuhan bakteri (apabila terjadi komplikasi pertumbuhan bakteri sekunder)

Sedangkan untuk gigitan serangga maka tidak memerlukan pengobatan khusus, Ibu dapat memakaikan minyak kayu putih atau balsam. Ibu juga dapat mengoleskan minyak tawon atau minyak kayu putih untuk menghindari gigitan serangga berikutnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Jumlah Cairan Semen Sedikit
Luka di Selangkangan
Nyeri di Selangkangan