klikdokter.com
Kamis, 31 Juli 2014

Kesuburan pasca KB suntik

dok, ibu 30 thn dengan 1 anak umur 8 tahun, saya sudah 7 tahun memakai KB suntik 3 bln, dan sekarang sudah 5 bulan tidak memakai kontrasepsi apapun, yang menjadi pertanyaan saya : 1. kenapa sampai saat ini (5 bln) kami msh belum mengalami menstruasi apalagi hamil 2. cara apa yg bisa saya lakukan sedangkan kami hampir tiap hari melakukan hubungan suami istri 3. apa benar dengan ganti KB dengan Pil KB bisa mendapatkan menstruasi dan hamil? 4. adakah obat yg lain, misalnya obat penyubur? atas jawabanya kami ucapkan terima kasih



Ibu yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kesuburan umumnya baru kembali dalam waktu 5 - 7 bulan setelah Ibu menghentikan kontrasepsi injeksi depo-provera (3 bulan). Jangka waktu 5 - 7 bulan didapatkan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Depo provera adalah kontrasepsi yang berisi hormonal dan mempengaruhi siklus hormonal alami Ibu.

Apabila Ibu ingin memiliki keturunan lagi maka yang dapat Ibu lakukan sekarang adalah menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, kaya akan kalsium dan asam folat, istirahat teratur, dan hindari stres. Siklus hormonal Ibu akan kembali seperti semula seiring dengan berjalannya waktu.

Selama Anda dalam program KB, maka angka terjadinya kehamilan menjadi jauh berkurang. Adapun kembalinya tingkat kesuburan pasca penghentian penggunaan pil KB lebih cepat jika  diabndingkan dengan KB suntik. Namun jika saat ini Anda menghendaki untuk hamil, tidak perlu menggunakan program KB apapun dan tentunya menjaga kesehatan.

Mengenai penggunaan obat penyubur,sebaiknya dapat ditunda dahulu. Tunggu 2-3 bulan lagi, dan jika memang siklus menstruasi belum kembali seperti semula, periksakan langsung dengan dokter ahli kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Rhesus dan anemia
Waktu tepat bayi naik pesawat
Alergi sebabkan kulit kotor?