klikdokter.com
Rabu, 01 Oktober 2014
<

Penyebab 'masuk angin'

Saya mau tanya nih, saya laki-laki umur 37 th sering sekali mengalami masuk angin. Pertanyaan saya 1. apa penyebab masuk angin tersebut? 2. Mengapa orang masuk angin? 3.Bagaimana menghindari agar kita tidak masuk angin? 4.Makanan apa saja yang dapat mencegah masuk angin? 5.dalam istilah kedokteran masuk angin itu apa sih? terimakasih atas jawabannya. Terima kasih Redaksi Klikdokter.com di tunggu jawabannya.



Bapak Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Istilah 'masuk angin' sendiri sampai saat ini tidak ada di dalam kamus kedokteran. Keluhan yang dikatakan sebagai 'masuk angin' tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti infeksi virus, kondisi tubuh yang overexercise, maupun dispepsia atau gangguan pencernaan. Hal tersebut tergantung dari keluhan yang Anda kemukakan.

Keluhan kembung, mual, bersendawa berlebih kemungkinan disebabkan karena dispepsia atau gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan membatasi makanan yang merangsang serta beberapa obat pencernaan. Keluhan pegal, rasa tidak enak di seluruh tubuh mungkin disebabkan karena infeksi virus yang dapat diatasi dengan istirahat dan makan yang cukup.

Mungkin saja kondisi yang Anda alami disebabkan karena tubuh yang kurang fit, istirahat kurang, makan tidak teratur, jarang berolahraga, dan stress. Untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan disarankan untuk makan makanan bergizi secara teratur, istirahat cukup (6-8 jam/hari), olahraga rutin (3-5x/minggu), serta hindari stress.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Hamil dan Mioma/Kista
Nyeri Perut Bawah
Topic Jantung