klikdokter.com
Selasa, 30 September 2014
<

Sariawan tak sembuh-sembuh

gmn meyembuhkan sariawan letaknya ada di lidah saya ada benjolan kecil, sudah saya kasih alboltyl, canazetin tapi belum sembuh juga.......... ( perempuan, 34 thn,160 cm,58 Kg)



Ibu/Sdri. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com
Sudah berapa lama keluhan ini Anda rasakan? Apakah hilang timbul, dan jika ya apakah selalu di tempat yang sama atau berpindah-pindah? Apakah Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu panjang?

Penyakit mulut banyak macamnya, dan tidak sedikit yang tampilannya menyerupai sariawan. Dan jika memang betul sariawan pun perlu ditelusuri apa yang menjadi penyebabnya karena hingga saat ini penyebabmya belum dipastikan. Namun ada beberapa faktor yang sering dikaitkan sebagai pemicunya.

Jika keluhan Anda sudah lebih dari 2 minggu dan tidak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg. Sp.PM). Sulit untuk menentukan diagnosa tanpa pemeriksaan langsung. Dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, yaitu pemeriksaan darah dan biopsi (pengambilan jaringan). Setelah wawancara mendalam mengenai riwayat medis Anda secara lengkap, disertai dengan pemeriksaan klinis dan penunjang, barulah ditegakkan diagnosis dan rencana perawatan. Sebaiknya tidak sembarang memberi obat tanpa konsultasi dokter terlebih dulu, karena belum tentu pengobatan tersebut tepat sasaran.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih kurang jelas atau ingin ditanyakan lebih lanjut silakan layangkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi Kami.

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Anak fobia makan?
Suplemen untuk badan lelah
Anemia saat hamil