klikdokter.com
Jumat, 22 Agustus 2014
<

Gigi patah, jadi maju

Yth.. saya pernah mengalami kecelakaan, sehingga satu gigi depan saya patah setngah, beberapa tahun kemudian saat saya menambal gigi yg patah dengan laser, ketahuan pondasi gigi yg patah tersebut berubah jadi tonggol ke depan, padahal sebelumnya gigi saya rapih, hendak minta solusi, dok.. kenapa ya bisa jadi tonggol?, dan bagaimana supaya gigi saya yg tonggol tsb dapat rapih kembali, terimakasih.( perempuan, 21 thn,168 cm,50 Kg)



Sdri. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com
Pertama-tama saya hanya sekedar ingin meluruskan, bahwa sinar yang digunakan untuk mengeraskan tambalan sewarna gigi bukan sinar laser melainkan sinar tampak (visible light).

Mengenai gigi yang tadinya rapih lalu "maju" ke depan, bisa jadi karena trauma saat terjadinya kecelakaan. Gaya yang cukup keras saat benturan yang mengenai gigi menyebabkan gigi berubah posisi dan lebih maju dari sebelumnya. Jika saat ini gigi Anda sudah ditambal dengan bahan tambal sewarna gigi dan secara estetik dan fungsional tidak ada masalah, maka sebetulnya tidak perlu dilakukan tindakan lebih lanjut. Namun kalau Anda merasa terganggu dengan tampilan gigi depan yang menjadi maju, ada alternatif perawatan yang dapat dilakukan. Kalau gigi lain (setelah diperiksa oleh dokter gigi yang berkompeten) posisinya normal dan tidak ada maloklusi, maka gigi yang patah tersebut dapat dibuatkan mahkota tiruan dengan pengasahan yang agak sedikit lebih banyak pada bagian depan supaya gigi bisa tampak lebih mundur. Namun resikonya, jaringan gigi sehat dapat terambil cukup banyak. Selain itu pulpa gigi yang berisi syaraf  dapat terekspos karena pengasahan yang berlebihan. Alternatif lainnya bisa juga dengan perawatan orthodontik tentunya jika sesuai dengan indikasi dan setelah melalui pemeriksaan lengkap oleh dokter gigi yang berkompeten. 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Sering BAK
Anak demam
BB anak susah naik