klikdokter.com
Rabu, 01 Oktober 2014
<

Infertilitas primer

Dokter YTH. mohon dok.. dikasih informasi suplemen atau obat untuk penyubur sperma.. karena udah 2 tahun menikah belum punya keturuan.. dan saya sudah periksa... obat udah habis...mungkin ada yang lain.. trim's( laki-laki, 31 thn,155 cm,52 Kg)



Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kondisi yang Anda alami saat ini dapat disebut dengan infertilitas primer. Infertilitas primer adalah kondisi belum terjadinya kehamilan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Namun, perlu kami pertegas, bagaimana dengan Anda, apakah Anda telah melakukan hubungan seksual dengan teratur? Sudahkah Anda melakukan hubungan seksual di masa-masa subur istri Anda?

Jika memang ada infertilitas primer, perlu dicari penyebabnya baik dari pihak suami maupun istri. Pihak istri dapat melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui anatomi alat kandungan, dan mungkin pemeriksaan hormonal (sesuai kebutuhan). Sedangkan pihak suuami dapat melakukan pemeriksaan analisis sperma (kualitas dan kuantitas). Apabila ada kelainan yang ditemukan maka terapi yang diberikan sesuai dengan penyebab gangguan kesuburan tersebut.

Analisa sperma adalah pemeriksaan air mani (semen) terutama untuk mengetahui fungsi buah zakar  (testis) yang umumnya digambarkan dari produksinya yaitu sperma. Ada beberapa faktor yang dinilai terutama volume semen, jumlah sperma per cc semen (konsentrasi sperma), gerakan sperma (motilitas), bentuk sperma (morfologi), penggumpalan sperma (agglutinasi), adanya infeksi (dari sel darah putih atau Lekosit) dan pH.

Untuk mengatasi masalah belum mempunyai keturunan, tidak bisa tanpa melakukan pemeriksaan untuk mengetahui dasar penyebabnya. Penanganan yang tepat baru dapat dilakukah setelah mengetahui sumber/dasar penyebabnya. Kami sarankan Anda dan istri mengunjungi dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemeriksaa mendetil dan penanganan yang tepat dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Diabetes Tipe 1?
Suntik Putih
Terlambat Haid