klikdokter.com
Minggu, 20 April 2014
Login | Register

Benjolan Di Bawah Telinga

suami saya usia 30th,sejak sma ditemukan benjolan sebesar kacang polong dibawah telinga sebelah kirinya, disamping tulang rahangnya. benjolannya keras & tidak bisa bergerak bila disentuh. Saat ini ukurannya bertambah besar, tapi tidak ada keluhan sakit. Hanya sering pegal2 lehernya. Ketika konsultasi dengan dokter umum menurutnya itu adalah kista ganglion,apakah berbahaya? jika dioperasi termasuk operasi besar atau kecil? setiap diajak periksa,suami saya takut & bila diajak bicara tentang benjolan ini dia mengalihkan pembicaraan, apalagi bicara tentang operasi,dia takut setelah operasi tidak siuman karena bius total. menurut dokter lain hanya benjolan biasa, ada juga yang bilang penyumbatan kelenjar, ada juga yang mengatakan seperti jerawat tapi tidak keluar, jadi berkumpul didalam. ( perempuan, 29 thn,158 cm,76 Kg)



 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kista ganglion adalah benjolan yang sering muncul disekitar sendi dan tendon pada tangan dan kaki. Ukurannya dapat bervariasi. Paling sering muncul pada pergelangan tangan (80%) dan sendi jari. Pada umumnya kista ganglion tidak menimbulkan keluhan apa-apa. Tidak terdapat rasa nyeri maupun gangguan pergerakan. Keluhan yang ada lebih kearah kosmetik.

Pada kebanyakan kasus, kista akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan waktu. Jadi pada kista berukuran kecil yang tidak menimbulkan gejala apa-apa, tidak perlu dilakukan tindakan apapun. Untuk alasan kosmetik, ada beberapa cara untuk menghilangkan kista tersebut. Pertama dengan operasi bedah dengan menyayat langsung kulit diatasnya lalu mengeluarkan kista tersebut. Cara yang kedua adalah dengan dilakukan aspirasi (penyedotan).

Mungkin juga, berdasarkan deskripsi Anda, benjolan tersebut adalah kista atheroma merupakan salah satu jenis kista di kulit dimana kista tersebut memiliki kapsul (dinding) dan berisikan cairan kental yang terdiri atas keratin atau sebum (minyak). Kista atheroma umumnya disebabkan karena pembengkakan dari folikel rambut atau trauma pada kulit. Kista ini tergolong jinak dan terapinya adalah eksisi atau pembuangan seluruh jaringan kista termasuk dindingnya.

Kista yang tergolong jinak ini dieksisi atau dibuang pada umumnya untuk keperluan kosmetik. Kebutuhan eksisi akan tergantung dari lokasinya. Apabila lokasi memang mengganggu kosmetik atau lokasi dari kista tersebut mengganggu salah satu fungsi sehari-hari maka sebaiknya dibuang. Namun apabila tidak mengganggu dan kista tidak terinfeksi (merah, nyeri, terdapat nanah di dalamnya) maka tidak ada masalah apabila tidak dieksisi.

Eksisi merupakan operasi kecil. Risiko eksisi akan tergantung dari lokasi tempat kista tersebut berada dan besar dari kista. Semakin besar kistanya maka akan semakin besar kemungkinan perdarahan yang terjadi. Namun selama dikerjakan sesuai prosedur maka tidak ada masalah. Cukup bius lokal.

Untuk mendiagnosis benjolan ini, diperlukan pemeriksaan fisik lengkap. Mengingat keterbatasan kami melakukan pemeriksaan fisik, memang lebih baik untuk mengunjungi dokter, untuk diagnosis pasti dan tata laksana yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter