klikdokter.com
Minggu, 20 April 2014
Login | Register

Kuku Rusak

dok,, orangtua saya mengalami keluhan berupa kuku tangan dan kakinya,rusak.. seperti mengkerut,, kata mereka kuku tersebut sering sakit.. jumlah kuku yang rusak lebih dari satu... bagaimana pengobatannya dok?? terima kasih( perempuan, 21 thn,155 cm,50 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan kuku yang rusak seringkali disebabkan oleh jamur pada kuku, dalam dunia medis disebut paronikia dan onimikosis atau tinea unguium.

Sering diderita oleh orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan air. Lesi berupa kemerahan, pembengkakan yang tidak bernanah, kuku menjadi tebal, mengeras dan berlekuk-lekuk, kadang-kadang berwarna kecoklatan, tidak rapuh, tetap berkilat. 

Jamur pada kuku (onikomikosis atau tinea unguium). Dapat dimulai dari akhir kuku ataupun dasar kuku yang perlahan dapat mengangkat kuku. 

 


Sumber: 

DCTineaInfections6.jpg


 

Melanoma yang tersembunyi juga dapat menyebabkan warna kehitaman pada nail bed yang terletak di bawah kuku. Melanoma sebenarnya merupakan tumor kulit yang berasal dari sel yang berada di dalam kulit yang disebut melanosit. Meskipun sangat jarang, namun melanoma ternyata dapat timbul pada tempat-tempat tersembunyi seperti dibawah kuku. 

 


Sumber: http://www.sixwise.com/images/articles/2005/08/31/nail_stripe.jpg

Untuk mengetahui penyebab pasti dari kelainan tersebut, dapat dilakukan pemeriksaan KOH dan kultur (untuk memastikan adanya infeksi jamur atau menentukan penyebab lain, misal: melanoma).

Pengobatan infeksi jamur pada kuku ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan jenis infeksi jamur lainnya, dapat berlangsung selama 3-4 bulan. Obat yang dianjurkan adalah obat minum. Sedangkan obat salep atau krim biasanya kurang efektif dalam mengatasi infeksi jamur pada kuku, karena kuku sangat keras sehingga krim/salep sulit diserap.

Kami sarankan agar Anda membawa orang tua Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter