klikdokter.com
Kamis, 24 April 2014
Login | Register

Tes Keperawanan

dok,ada ga sih cara atau metode secara medis untuk mericek keperawanan seorang wanita????? krn sy sbg seorang lelaki ingin bnr2 yakin kondisi keperawanan calon istri saya..... sekedar tambahan saya dan pasangan saya sudah berhubungan intim sebelumnya....tapi dari awal saya tidak memperhatikan dan tidak tahu ciri2 perawan itu sprti apa.... trmksh untuk pjelasannya.... ( perempuan, 24 thn,165 cm,46 Kg)



 

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Istilah keperawanan saat ini lebih ditekankan pada ada atau tidaknya selaput dara atau hymen pada liang vagina seorang wanita. Pada umumnya, pemeriksaan keperawanan dilakukan dengan memeriksa keadaan selaput dara atau hymen.

Sebenarnya, definisi yang lebih tepat dari hilangnya keperawanan adalah telah masuknya penis ke dalam vagina (penetrasi) atau telah melakukan hubungan intim.

Pada umumnya selaput dara/hymen akan robek saat hubungan seksual pertama kali akibat penetrasi yang dilakukan. Namun robekan mungkin saja tidak terjadi pada jenis selaput dara yang sangat elastis. Dan robekan pada selaput dara pun tidak harus selalu diakibatkan oleh hubungan seksual. Hal ini dapat juga disebabkan karena penggunaan tampon dan olahraga berat yan juga dapat menyebabkan keadaan robekan selaput dara yang tipis strukturnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa keperawanan seseorang tidak dapat ditentukan hanya dari utuh atau tidaknya selaput dara namun pada proses penetrasi yang terjadi sebelumnya.

Lebih lanjut sebagai perenungan, silakan kunjungi artikel kami yang berjudul Beda Negara, beda Konsep Keperawanan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter