klikdokter.com
Kamis, 24 Juli 2014

Sakit Saat Hamil

Selamat Pagi Dokter, Saya mau bertanya, Istri saya sedang hamil 8 minggu jalan 9 minggu (Anak Pertama). Sekarang sedang sakit Batuk, pilek dan pusing-pusing. Batuknya itu keras sekali sampai-sampai semua makanan yang sudah masuk bisa di muntahkan lagi. dan kalau batuk itu sering kali membuat perutnya bagian bawahnya sakit dan keram. saya jadi takut kalau istri saya keguguran ( pernah ada riwat Curetase, krn Blighted Ovum di bulan awal maret). sampai hari ini belum minum obat apapun. Pertanyaan saya adalah ; 1. Apakah sakitnya ini tidak membahayakan janin, mengingat perutnya sering kram? 2. Apakah dengan sakitnya ini pertumbuhan Janin bisa terganggu ( menjadi cacat ) ? 3. Apakah harus minum Obat, dan apakah Obatnya tidak membahayakan dan mempengaruhi Janin ? 4. Apakah Vitamin yang baik agar stamina istri saya menjadi baik ? Besar harapan saya utk mendapatkan solusi dari permasalahan saya ini. Terima kasih atas perhatiannya. salam, Daniel.( perempuan, 29 thn,158 cm,62 Kg)



 

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Untuk Keterangan lengkap mengenai keluhan-keluhan yang sering dialami selama kehamilan, Bapak dapat mengunjungi artikel kami yang berjudul Keluhan-Keluhan Selama Kehamilan.

Pada trimester awal, kram perut seperti menstruasi atau rasa sakit seperti ditusuk dapat timbul namun tidak menetap, hanya sesekali. Hal ini diduga disebabkan oleh adanya pertumbuhan dan pembesaran rahim yang menyebabkan otot dan ligamen penyokong rahim merenggang.
Apabila kram perut disertai perdarahan vagina,  kami sarankan untuk segera menghubungi, karena hal ini berhubungan dengan keguguran.

Wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk menjaga kesehatannya agar sekaligus menjaga kesehatan janinnya. Selain itu juga penting untuk rutin memeriksakan diri dan kehamilan ke dokter. Kami sarankan agar Bapak menghubungi dokter spesialis kandungan agar istri Bapak dapat diperiksa lebih lanjut dan dokter dapat memberikan obat serta vitamin yang tepat sesuai kondisi istri Bapak.

Berikut kami sertakan artikel-artikel yang kami miliki yang dapat bermanfaat untuk Bapak dan istri.

Kapan Harus Periksa Kehamilan?

Waspadai Komplikasi Kehamilan.

Ibu Hamil: Jangan Kelelahan dan Kelaparan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
KB Aman untuk ASI
Hubungan IUD dan flek?
Mual Muntah Kehamilan