klikdokter.com
Selasa, 29 Juli 2014

Lendir Tenggorokan

Dok, bagaimana menghilangkan lendir di tenggorokan. saat ini saya hamil 11 minggu, mengalami muntah yang hebat. diagnosa dr. kandungan hyperemesis gravidarum. skr saya merasakan banyak sekali lendir di tenggorokan, tidak bisa dikeluarkan dan tidak bisa ditelan.. terima kasih dok. atas sarannya( perempuan, 31 thn,155 cm,50 Kg)



 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan, anda dapat menggunakan obat-obatan pengencer dahak, yaitu obat-obatan golongan mukolitik (pengencer dahak) seperti bromheksin dan ambroksol dan obat-obatan golongan ekspektoran seperti gliseril guaiakolat. Penggunaan obat-obatan tersebut juga harus diimbangi dengan konsumsi air putih yang banyak, sehingga dahak dapat menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut pada wanita hamil harus berada di bawah pantauan dokter, terutama bagi anda yang masih dalam usia kehamilan trimester pertama. Wanita hamil yang menggunakan obat secara sembarangan tanpa indikasi dari dokter dapat meningkatkan risiko gangguan pada janin dan kehamilan.

Namun dengan adanya diagnosis hiperemesis gravidarum pada diri anda, lendir yang anda rasakan dapat juga berasal dari asam lambung yang keluar ketika anda muntah. Setiap kali anda muntah, isi lambung akan keluar dari lambung, termasuk makanan dan asam lambung. Asam lambung tersebut dapat menimbulkan rasa perih/panas di kerongkongan dan dapat terasa berupa lendir yang sulit ditelan. Lendir yang berasal dari asam lambung tidak dapat diatasi dengan obat-obatan pengencer dahak diatas. Untuk mengatasi lendir akibat keluarnya asam lambung, anda perlu mengkonsumsi obat-obatan antimuntah, seperti metoklopramid atau ondansetron dan obat-obatan untuk mengontrol asam lambung, seperti antasid atau ranitidin.

Konsultasikanlah penggunaan obat-obatan tersebut kepada dokter kandungan anda. Dokter kandungan anda mungkin telah memberikan obat-obatan tersebut untuk mengatasi hiperemesis gravidarum anda. Beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi keluhan mual dan muntah anda antara lain :

  • Mulailah dengan konsumsi makanan cair, kemudian meningkat menjadi makanan padat porsi kecil yang kaya akan karbohidrat (makan sedikit-sedikit).
  • Bila muntah adalah masalah di pagi hari, makan makanan kering seperti sereal, roti, atau biskuit sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari, atau coba makan makanan ringan tinggi protein seperti keju sebelum pergi tidur (protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna)
  • Ubah pola makan menjadi lebih sering dengan porsi kecil. Makan secara perlahan dan kunyah makanan secara sempurna
  • Makan makanan yang mengandung banyak cairan. Hindari jumlah besar konsumsi cairan dalam satu waktu. Coba minuman yang dingin, jus buah seperti apel atau anggur
  • Hindari makanan pedas, gorengan, atau berminyak
  • Bila terganggu dengan bau menyengat, makan makanan dingin pada temperatur ruang dan hindari bau yang mengganggu
  • Konsumsi vitamin B1, B6, vitamin C, kalium, dan asam folat
  • Hubungi dokter bila muntah terjadi terus-menerus sehingga makanan atau minuman tidak dapat masuk. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan) dan harus diterapi sesegera mungkin

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keluhan anda, anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Hiperemesis Gravidarum. Semoga dapat membantu (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Flu Singapura VS Campak
Perut Sering Kram Saat Hamil
Anak Tidak Mau Minum Susu?