klikdokter.com
Selasa, 30 September 2014
<

Masturbasi, keperawanan hilang?

Dok, saya belum menikah dan belumn pernah melakukan hubungan seks tapi aktif melakukan masturbasi dengan menggunakan bantal/guling. Apakah aktivitas saya dapat menyebabkan saya tidak lagi perawan. Karena saya merasa aada kelainan pada bentuk kewanitaan saya. Maaf ya dok, saya melihat bagian labia minora saya menonjol keluar. Sehingga labia mayora saya tidak tertutup rapat. Saya juga ingin bertanya apa, apakah bagian labia moinora itu merupakan dua tonjolan yang dapat dibuka? Saya mohon penjelasan daroi dokter, karena pemahaman saya yang sangat terbatas. TErima kasih atas penjelasannya dok...( perempuan, 35 thn,155 cm,42 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Istilah keperawanan saat ini diindikasikan dengan adanya selaput dara pada liang vagina seorang wanita.  Padahal, definisi sebenarnya dari hilangnya keperawanan adalah sudah masuknya penis ke dalam vagina (penetrasi) atau sudah melakukan hubungan intim. Sehingga sebenarnya, Anda saat ini masih memiliki perawan. 

Selaput dara / hymen adalah selaput membran mukosa yang berada atau menutupi vagina bagian luar. Membran ini bersifat elastis dan bentuknya berbeda-beda. Ada yang berbentuk bulat, pori-pori, dan memiliki septa (batas) di tengahnya.

Pada umumnya selaput ini akan robek pada hubungan seksual yang pertama dimana saat itu terjadi penetrasi (penis masuk ke vagina) dan menyebabkan robekan. Namun untuk jenis hymen yang elastis, mungkin saja tidak terdapat robekan. Perlu diingat bahwa robekan pada selaput dara tidak harus selalu diakibatkan oleh hubungan seksual. Karena strukturnya yang tipis, penggunaan tampon dan olahraga berat juga dapat menyebabkan robekan pada selaput dara. Sedangkan tindakan masturbasi yang sering Anda lakukan dengan menggunakan bantal atau guling sepertinya tidak dapat membuat robekan pada selaput dara.  

Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Karena itu konsep yang perlu digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim. Hal ini juga berlaku untuk  pria, yang jika sudah pernah melakukan masturbasi namun belum melakukan hubungan intim, berarti pria tersebut masih perawan.

Sedangkan bentuk alat kelamin setiap wanita memiliki variasi nya masing-masing. Untuk mengetahui ada tidaknya kelainan akan lebih baik jika diperiksa langsung oleh dokter yang terpecaya.

Labia minora adalah dua lipatan kulit yang terletak secara longitudinal pada bagian kulit sekitar vagina.


Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

Redaksi Klikdokter




 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Rahang bawah maju dan miring
Cara Memperbesar Payudara
Kapan Masa Subur Saya?