klikdokter.com
Sabtu, 23 Agustus 2014
<

Tumit sakit, apa penyebabnya?

selamat pagi, saya ingin bertanya megenai tumit saya yang sering terasa sakit bila dibuat berjalan saat selesai duduk. kira - kira kenapa ya ? mohon penjelasan serta tips yang dapat membantu mengurangi keluhan saya tersebut. terima kasih( perempuan, 29 thn,156 cm,57 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Telapak kaki yang sering terasa sakit terutama pada bagian tumit dapat didasari oleh berbagai macam kemungkinan penyebab. Untuk mengetahui secara pasti, diperlukan data keluhan yang rinci ditambah dengan pemeriksaan fisik oleh dokter dan jika diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan tambahan berupa laboratorium ataupun foto rontgen tulang kaki.

Beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebab dari tumit yang nyeri tersebut adalah adanya riwayat trauma pada kaki dan pergelangan kaki ataupun adanya gangguan pada metabolisme tubuh yang seringkali  dihubungkan dengan kadar asam urat yang tinggi. Asam urat dalam jumlah normal terdapat dalam tubuh setiap manusia. Nilai normal asam urat berkisar 2.4-6.0 mg/dL (wanita) dan 3.4-7.0 mg/dL (pria), meskipun terdapat sedikit perbedaan antara tiap laboratorium. Jika terdapat peningkatan dari jumlah normal maka disebut asam urat tinggi atau disebut hiperurisemia (medis). Kondisi hiperurisemia ini umumnya tidak memberikan gejala apa-apa, namun jika menetap maka kristal yang terkandung dalam asam urat dapat menyebabkan peradangan pada sendi, batu ginjal ataupun gangguan ginjal.

Untuk itu, sebelum menangani keluhan tersebut, akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri langsung kepada dokter untuk kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan tambahan jika diperlukan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Cara Mendapatkan Keturunan
Kista Pada Indung Telur
Lendir Vagina Seperti Putih Telur?