klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register

Ingus bau, tanda polip?

selamat pagi dok, disini saya ingin bertanya tentang keluhan yang dirasakan saudara saya. Dia sedang pilek sudah 1 minggu ini, saat ini ketika ingus tersebut dibersihkan, katanya ingus tersebut berbau sangat tidak enak. Apakah hal ini awal dari polip ? mohon informasinya, serta obat apa yang harus dikonsumsi saudara saya tersebut ? dia saat ini berusia 23 tahun dengan berat badan 50 kg dan jenis kelamin perempuan( perempuan, 29 thn,156 cm,56 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ingus berbau merupakan salah satu keluhan dari adanya peradangan pada saluran hidung dan sinus yang terjadi dalam waktu yang lama. Karena itu, keluhan ini seringkali dialami oleh mereka yang mengalami sinusitis (peradangan pada sinus). Sinusitis sendiri dapat diperberat dengan adanya alergi atau sumbatan pada hidup seperti polip, tumor pada saluran hidung. Sehingga jika memang benar terdapat polip pada hidung, dimana keluhan utamanya adalah berupa hidung terasa tersumbat, menetap dan tidak hilang timbul, maka polip tersebut perlu diangkat.

Pengobatan dari pilek yang sudah 1 minggu adalah dengan mengkonsumsi antibiotik yang diresepkan dokter. Karena pada pilek yang sudah berlangsung lebih dari 1 minggu umumnya dikarenakan adanya infeksi bakteri. Jika pilek yang diderita saudara Anda disertai dengan ingus yang berbau,tentunya perlu dicurigai adanya sinusitis. Sehingga sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika Anda membawa saudara Anda pada dokter spesialis THT untuk pemeriksaan rongga hidung. Sehingga dapat diketahui dengan jelas mengenai ada atau tidaknya faktor lain yang memperberat pileknya. 

Beberapa informasi yang dapat Anda ketahui mengenai sinusitis dan polip dapat dibaca melalui artikel kami, dengan mengklik judul berikut: 

Polip Hidung

Sinusitis


Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,

Redaksi Klikdokter




 



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter