klikdokter.com
Senin, 22 September 2014
<

Katup jantung bocor?

Dokter,saya mw nanya tentang kelainan jantung saya. Sjk lahir klep jntung sya memang sdh bocor.sya tdk pernah ada mslh. Tp smnjak 2thun terakhr,kadang ada sya rasa nyeri2 kecil di dada saya tp sering tdk dsbh kiri.apakah itu ada hubungn dg katup jntg sya atw ada kmungkinan pnumpukan kolesterol d pmbuluh drh sya.tp 6bln ini tk ada lg. Slain itu sktr 1thn terakhr sya menyadari ktika tman mengejutkn sya,sya lgsg terlonjak tp dtak jntg sya tdk cpt. Selain itu jg,dtak jntg sya kdg jd cpt pd saat tertentu.lain wktu sya htung sktar 70-an denyut/mnt,kdg 80-an,kdg 100-an.apa semua itu ada hubunganny dg klep jntg sya? Bgmn mengobati kelainan jntg sya slain operasi?apa resiko bl tdk diobati? Sekian pertanyaan sya,mhon dijawab.terimakasih( perempuan, 21 thn,150 cm,40 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan lyanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Dalam jantung terdapat 4 buah katup yang memastikan bahwa darah dapat mengalir bebas keluar jantung melalui satu arah dan mencegah agar tidak ada aliran darah yang berbalik masuk ke dalam jantung. Kebocoran katup jantung (insufisiensi katup jantung) terjadi akibat katup jantung tidak dapat menutup dengan sempurna sehingga sebagian darah dapat mengalir berbalik arah saat jantung berkontraksi. Akibatnya, jantung gagal memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh. Semakin besar kebocoran katup yang terjadi maka dibutuhkan usaha jantung yang semakin keras untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Lokasi Katup Jantung

https://www.clevelandclinic.org/heartcenter/images/guide/heartworks/insideheart.4.jpg

 Banyak hal diluar penyakit jantung yang dapat menimbulkan keluhan nyeri dada seperti yang anda rasakan. Keluhan tersebut dapat berasal dari paru-paru, jantung, otot ataupun kulit anda. Nyeri dada yang terkait dengan penyakit jantung biasanya bersifat khas, yaitu nyeri yang menjalar dari dada hingga ke leher atau lengan, dada terasa seperti ditimpa benda berat, disertai keringat dingin ataupun sesak napas. Jika anda tidak merasakan nyeri khas tersebut, mungkin nyeri dada anda berasalah dari organ lain. Segera periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui sumber keluhan nyeri dada anda.

Frekuensi denyut jantung dapat secara normal meningkat pada beberapa keadaan yang mengaktifkan sistem saraf simpatis anda, seperti saat anda terkejut, saat anda berolahraga, ketakutan, cemas, dll. Anda tidak perlu khawatir jika terjadinya peningkatan denyut jantung anda terkait dengan hal-hal tersebut.Kelainan katup jantung yang sudah berat dapat menimbulkan beberapa gejala seperti:

  • Sesak napas, terutama saat beraktivitas atau saat tidur berbaring sehingga anda memerlukan lebih banyak bantal saat tidur.
  • Mudah merasa lelah atau pusing
  • Rasa tidak nyaman pada dada, seperti terdapat tekanan pada dada anda atau seperti tertimpa benda berat pada dada anda saat anda beraktivitas atau berada di cuaca yang dingin.
  • Jantung berdebar-debar.
  • Pembengkakan pada kaki (edema)
  • Peningkatan berat badan yang cepat.

Namun demikian, tidak semua penderita kelainan katup jantung selalu mengalami gejala-gejala tersebut. Mungkin saja anda tetap tidak merasakan keluhan apapun meskipun kelainan katup jantung anda sudah berat.

Terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah katup jantung tergantung dari jenis dan keparahan dari kelainan tersebut. Dengan pemeriksaan lebih lanjut dokter dapat mengidentifikasi lokasi, tipe dan luasnya kelainan katup jantung anda. Hasil dari pemeriksaan tersebut akan membantu dokter memutuskan prosedur pengobatan yang terbaik untuk anda. Jika kelainan katup anda tidak terlalu berat, mungkin dokter akan memberikan beberapa obat-obatan untuk mengurangi gejala ataupun untuk mengurangi kerusakan katup lebih lanjut. Namun, jika kelainan katup anda sudah berat diperlukan operasi penggantian katup untuk mencegah timbulnya kelainan jantung yang lebih berat.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat (DP)

 

Salam,

(Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Naik Turun Tangga Saat Hamil?
Gatal Pada Pangkal Paha?
Nyeri Punggung Menjelang Haid?