klikdokter.com
Kamis, 02 Oktober 2014
<

Mata minus, dapatkah disembuhkan?

apakah mata yang sudah minus 7 atau minus 8 masih bisa sembuh?? bagaimana dengan vitamin yang sering di konsumsi...( laki-laki, 21 thn,160 cm,50 Kg)



Bapak/Saudara yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Mata minus merupakan keadaan yang disebut miopia. Miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi jika kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina. Pada dasarnya, progresivitas rabun jauh akan menjadi stabil mulai usia 20 tahun, artinya minus tidak akan bertambah, atau kalaupun bertambah hanya sedikit.

 

Koreksi mata miopia dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata. Biasanya penanganannya dengan kaca mata dan lensa kontak.  Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A. Vitamin lainnya tetap dapat Anda konsumsi, namun perlu diingat bahwa vitamin hanyalah suplemen. Selain itu, vitamin juga tidak dapat memberikan perbaikan secara langsung.Yang terpenting adalah pola makan yang baik. 

 

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (Lasik).

 

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai LASIK pada artikel kami ini: Serba-Serbi LASIK.

Demikian informasi kami berikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Tangani BAB tidak lancar
Efek samping pil KB
Ingin hamil pasca aborsi