klikdokter.com
Sabtu, 19 April 2014
Login | Register

Benjolan pada leher, bahayakah?

dok, di kepala bawah ( antr kepala ama leher ) sebelah kanan saya, ada benjolan sebesar kelereng . tp gak muncul. kl di raba br terasa. dan tidak sakit. kira2 apa yha dok? saya kok takut mengingat nenek meninggal krn tumor ganas. minta penjelasannya. trimakasih.( perempuan, 28 thn,163 cm,45 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Benjolan pada leher dapat disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering ditemukan adalah kelenjar getah bening yang membengkak. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Kelenjar getah bening dapat membesar pada keadaan infeksi (bakteri atau virus), keganasan,  atau pada kondisi lain. Selain itu, benjolan pada sisi leher dapat pula disebabkan oleh pembengkakan kelenjar liur, kelenjar minyak, dan penumpukan jaringan lemak di bawah kulit (lipoma).

 

Untuk itu perlu diketahui karakteristik benjolan tersebut, seperti perabaannya kenyal atau tidak, apakah dapat digerakkan atau digeser, apakah nyeri, apakah semakin membesar, apakah didahului oleh radang, dsb yang baru dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksan fisis secara langsung. Oleh sebab itu, kami menyarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan benjolan tersebut ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui secara pasti penyebab benjolan tersebut. Jika dibutuhkan, benjolan dapat diangkat (biopsi) untuk diperiksa di bawah mikroskop guna mengetahui jenis sel-sel yang terdapat pada benjolan tersebut.

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 


Salam,


Redaksi Klikdokter

 



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter