klikdokter.com
Rabu, 17 September 2014
<

sering sariawan dan gigi kuning

dear Dokter, saya sering mengalami sariawan, hampir setiap bulan..mengapa hal ini bisa terjadi? padahal teman2 saya jarang makan buah malah tidak sariawan.. Gigi saya juga tampak menguning, padahal saya tidak merokok, tidak minum kopi, tidak minum alkohol...apa yg menyebabkan gigi saya menguning? apakah karena dlu saya sering menggunakan abothyl untuk mengobati sariawan? adakah cara membuat giigi kembali putih, misalnya dengan pasta gigi mengandung pemutih atau cara lain? terima kasih atas jawabannya..( perempuan, 25 thn,146 cm,41 Kg)



Sdri yang terhormat,
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com. Sebelumnya ada yang ingin saya tanyakan, setiap kali muncul berapa lama sariawan ini bertahan dalam mulut Anda dan apakah selalu muncul pada tempat yang sama?Apakah hilang dengan sendirinya?Jika selalu muncul pada tempat yang sama, bagaimana susunan gigi Anda pada daerah tersebut apakah ada gigi yang posisinya keluar lengkung rahang/tidak normal?  Coba Anda ingat kembali, apakah sariawan tersebut timbul menjelang atau saat Anda menstruasi?

Sariawan dalam bahasa medis disebut Stomatitis Aftosa Rekuren, dimana rekuren berarti hilang timbul. Selama ini awam sering menganggap bahwa sariawan hanya karena kurang vitamin padahal ada banyak faktor pemicu yang sering dikaitkan dengan kemunculan sariawan, meski penyebabnya hingga kini masih diperdebatkan dan belum benar-benar dapat dipastikan. Salah satunya adalah gangguan hormonal, oleh sebab itu di awal saya pertanyakan apakah timbulnya sariawan Anda mungkin berdekatan dengan masa menstruasi Anda. Selengkapnya mengenai sariawan sudah pernah dimuat di website Kami dan dapat Anda baca dengan mengakses link berikut: http://gigi.klikdokter.com/subpage.php?id=2&sub=111

Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna/menguning, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda. Salah satu alternatifnya adalah dengan perawatan dental bleaching (pemutihan gigi), meski banyak pemutih gigi yang dapat dibeli secara bebas namun saya tetap menyarankan Anda untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi sebelum Anda melakukan bleaching. Mengenai hal ini juga sudah pernah saya bahas dalam artikel yang dapat Anda baca selengkapnya dengan mengakses http://gigi.klikdokter.com/subpage.php?id=3&sub=20.

Pasta gigi yang mengklaim dapat memutihkan gigi sebetulnya tidak terlalu memberi manfaat yang signifikan, dan umumnya lebih bersifat abrasif daripada sikat gigi biasa. Pemakaian pasta gigi jenis ini dalam waktu lama dapat beresiko menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif karena sifatnya yang abrasif lebih banyak mengikis jaringan gigi.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com
 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Jerawat di bibir kemaluan
kriteria behel yg baik gimana?
Merencanakan Kehamilan