klikdokter.com
Sabtu, 19 April 2014
Login | Register

Kuku hitam, melanoma kah?

Kuku jari tengah tangan saya memiliki garis hitam di tengah2nya. Sudah sekitar 2 tahun ini. Dulu cuma berupa garis tipis. Tapi sekarang semakin melebar, hingga hampir sepertiga kuku saya. Saya baca beberapa artikel tentang melanoma, dan saya takut jika gejala ini termasuk gejala melanoma. Saya pernah periksakan ke dokter kulit terdekat. Saya juga menceritakan ketakutan saya. Namun dokter tersebut hanya mengatakan bahwa ini mungkin hanya jamur.Lalu saya diberi obat dan saleb untuk menghilangkannya. TApi sampai sekarang sudah berminggu-minggu tidak ada perubahan yang berarti.Bagaimana menurut dokter?( perempuan, 20 thn,154 cm,50 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jika ditemukan warna kehitaman pada bagian kuku, terdapat beberapa hal yang harus dicurigai:

  • Hematoma. Ini harus dicurigai jika terjadi trauma sebelumnya (tangan terjepit, atau terpentok)


Sumber: 56_subungual_hematoma_10.jpg

  • Jamur pada kuku (onikomikosis atau tinea unguium). Dapat dimulai dari akhir kuku ataupun dasar kuku yang perlahan dapat mengangkat kuku. 


Sumber: DCTineaInfections6.jpg

  • Melanoma yang tersembunyi. Warna kehitaman berada pada nail bed yang terletak di bawah kuku.  Melanoma sebenarnya merupakan tumor kulit yang berasal dari sel yang berada di dalam kulit yang disebut melanosit. Meskipun sangat jarang, namun melanoma ternyata dapat timbul pada tempat-tempat tersembunyi seperti dibawah kuku. 


Sumber: http://www.sixwise.com/images/articles/2005/08/31/nail_stripe.jpg

Untuk mengetahui penyebab pasti dari kelainan tersebut, dapat dilakukan pemeriksaan KOH dan kultur (untuk memastikan adanya infeksi jamur dan menyingkirkan kemungkinan diagnosis melanoma). Pengobatan infeksi jamur pada kuku ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan jenis infeksi jamur lainnya, dapat berlangsung selama 3-4 bulan. Obat yang dianjurkan adalah obat minum. Sedangkan obat salep atau krim biasanya kurang efektif dalam mengatasi infeksi jamur pada kuku, karena kuku sangat keras sehingga krim/salep sulit diserap. 

Kekhawatiran Anda mengenai kemungkinan adanya melanoma pada kuku hanya dapat dipastikan oleh pemeriksaan biopsi (mengambil bagian dari daerah yang terkena untuk kemudian diperiksa sel-sel nya dengan mikroskop). Tentunya tindakan ini harus didahului dengan penilaian dari dokter spesialis kulit dan kelamin. Anda dapat saja mencari pendapat dari dokter lainnya, terutama jika warna kehitaman menjadi semakin luas meskipun sudah diobati dengan obat minum untuk infeksi jamur.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

 



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter