klikdokter.com
Sabtu, 20 September 2014
<

Gigi depan dicabut,ingin gigi palsu

Begini, dulu waktu kecil aku sering sakit gigi sampai umur 8 tahun tapi sampai sekarang gak lagi. kedua gigi susuku dulu sakit yg berkepanjangan dan Ibuku menyarankan untuk melepasnya saja supaya dpt tumbuh lagi,,, tapi fatalnya hingga sekarang gak tumbuh2 lagi...sampai timbul pikiran untuk pakai gigi palsu. Pertanyaan saya adalah, jarak gigi depan saya udah renggang apa bisa dipasang gigi palsu..??? Trus kira2 mahal nggak..???( laki-laki, 22 thn,166 cm,50 Kg)



Sdr.yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

Sebagai informasi tambahan agar tidak terjadi lagi kesalahpahaman di kemudian hari perlu saya ingatkan bahwa gigi manusia hanya ada 2 periode yaitu gigi susu dan gigi tetap/permanen. Jika gigi permanen dicabut maka tidak akan tumbuh lagi,tidak seperti kuku yang dicabut akan tumbuh lagi. Jika kedua gigi permanen depan sudah dicabut,bisa diganti dengan gigi tiruan.

Jenis perawatannya bergantung pada kondisi gigi tetangga,tulang rahang,dan kemampuan pasien. Alternatifnya adalah gigi tiruan cekat yang tidak dapat dilepas pasang oleh pasien,karena mahkota tiruan akan disemenkan ke gigi di sebelah gigi yang hilang, yang sudah diasah terlebih dulu. Mahkota ini disebut bridge atau gigi tiruan jembatan,bisa dari material porselen atau metal porselen yang secara estetika baik karena warnanya dapat dibuat menyerupai gigi tetangga. Bridge dapat menggantikan 1 atau lebih gigi yang hilang. Selain itu dapat juga menggunakan gigi tiruan lepasan,yaitu gigi tiruan yg dapat dilepas pasang oleh pasien jadi gigi tetangga tidak perlu diasah. Namun biasanya elemen gigi tiruannya terbuat dari akrilik yang secara estetis kurang memuaskan,lebih mudah aus,dpt berubah warna,dan kurang kuat namun biayanya lebih murah dari bridge. Alternatif lainnya adalah pemasangan dental implant,semacam skrup yang ditanam dalam tulang rahang menggantikan akar gigi lalu diatasnya dipasang mahkota tiruan menggantikan mahkota gigi asli. Jenis ini yang paling mahal dibandingkan yang lainnya,namun secara fungsional dan estetika baik. Dokter gigi umum dapat melakukan perawatan pada kasus seperti Anda namun lebih baik lagi jika dirawat oleh dokter gigi spesialis prosthodonti yang khusus mendalami gigi tiruan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan,semoga dapat membantu Anda.

Drg.Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Mola hidatidosa, keguguran
Ingin hamil pasca kuret
Mencerahkan kulit sawo matang