klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register

Gigi susu tidak goyang?

Pak/Bu Dokter Saya ingin bertanya mengenai gigi anak saya ( 10 tahun ) yang punya kecenderungan maju sementara ini saya memeriksakan rutin anak saya ke dokter gigi A yang selalu menunggu gigi susu goyah untuk memberikan ruang bagi gigi yang sudah tumbuh dahulu di gusi. hari ini saya beralih ke dokter gigi B yang memberikan pendapat kalau anak saya kelebihan kalsium sehingga gigi susunya kuat dan tidak tanggal2 ( baru 4 yang tanggal ) dokter B memberi saran untuk mengurangi asupan kalsium yang sekarang anak saya rutin minum 1 sendok makan Scott emulsion dan minum 1 gelas susu di pagi hari. Apakah benar asupan kalsium tersebut dia atas memberikan dampak gigi susu yang tidak tanggal pada waktunya atau memang dari warisan genetis saja?. haruskah saya menghentikan kebiasaan minum susu bagi anak saya ? karena saya tidak ingin masalah yang sama terjadi pada anak saya yang lebih kecil, bagaimana saran Dokter? Terima kasih Suleman ( perempuan, 10 thn,130 cm,30 Kg)



Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Saya rasa susu dan suplemen yang biasa dikonsumsi anak Anda tidak perlu dihentikan, namun ada baiknya Anda berkonsultasi juga dengan dokter anak untuk mengetahui kecukupan gizinya.

Pertumbuhan gigi memang dipengaruhi faktor gizi namun selain itu dipengaruhi juga oleh faktor-faktor lain. Gigi permanen yang sudah tumbuh namun gigi susunya belum goyang berhubungan dengan arah pertumbuhan gigi permanennya. Gigi permanen yang akan tumbuh memberikan gaya dorong yang menyebabkan akar gigi susu "termakan" sedikit demi sedikit lama-lama gigi susu menjadi goyang. Bisa jadi pertumbuhan gigi permanen tidak mengarah tepat ke akar gigi sulung (misalnya malah di belakang gigi susunya), sehingga gigi susu belum goyang tapi gigi permanen sudah tumbuh. Jadi jika terjadi kondisi tersebut, tidak perlu ditunggu terlalu lama dan gigi tersebut sebaiknya dicabut oleh dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih ada yang kurang jelas dan masih ingin ditanyakan silakan kembali layangkan pertanyaan Anda ke redaksi kami.

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter