klikdokter.com
Rabu, 23 Juli 2014

gigi sakit setelah ditambal

Sakit pada gigi beberapa bulan yang lalu gigi saya sakit, lalu saya pergi ke salah satu dokter gigi di Bandung, ibu saya menyarankan agar gigi saya ditambal ke pada dokternya, tetapi ibu saya bertanya terlebih dahulu apakah syaraf nya harus dimatikan?, dan dokternya menjawab tidak usah. al hasil, 2 gigi saya yang berlubang langsung ditambal permanen dengan cairan logam (kalo tidak salah, yang jelas dokternya bilang itu kualitas paling bagus).. selang beberapa hari kemudian, gigi saya terasa sakit lagi apalagi apabila terkena dingin...sakitnya sampai kepala saya pusing sebelah dan mata saya pun berkedut kedut..tetapi apabila suhu badan saya di hangatkan kembali 15 menit kemudian rasa sakitnya hilang..pada saat sakit, kadang kadang saya lupa bernafas..yang ingin saya tanyakan adalah 1. apa yang terjadi dengan gigi saya? 2.bagaimana cara agar gigi saya tidak terasa sakit lagi?( perempuan, 21 thn,150 cm,48 Kg)Sdr



Sdri. yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kemungkinan pertama, karies pada gigi tersebut sebetulnya sudah dalam dan mencapai rongga pulpa (berisi pembuluh darah dan persyarafan gigi). Umumnya keluhan yang dirasakan adalah rasa sakit berdenyut spontan tanpa perlu didahului oleh adanya rangsang misal minum dingin. Jika memang begitu, seyogyanya tidak boleh langsung ditambal tapi harus dirawat syaraf terlebih dulu.
Kemungkinan lain adalah lubang sudah dalam namun baru mencapai dentin, tapi di bawah tambalan logam tidak diberi basis terlebih dulu. Tambalan amalgam yang dalam membutuhkan basis berupa semen kedokteran gigi, yang berfungsi sebagai pelindung jaringan gigi terhadap sensitivitas thermal setelah penambalan. Tambalan logam seperti logam pada umumnya bersifat konduktor dan penghantar thermal (suhu). Akibatnya gigi akan merasa sensitif saat terkena suhu yang cukup ekstrim (panas/dingin), dan pulpa mengalami iritasi. Lama kelamaan dapat menyebabkan peradangan pulpa dan tambalan harus dibongkar lalu dirawat saluran akar.

Untuk memastikannya sebaiknya Anda kembali ke dokter gigi yang merawat Anda.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Geographic tongue
Kecelakaan Motor Saat Hamil
Menstruasi dan Kehamilan