klikdokter.com
Kamis, 21 Agustus 2014
<

Bagaimana menutup celah gigi?

Saya pernah menggunakan kawat gigi selama 4 thn sekitar umur 16-20 thn, pada saat itu gigi saya memang besar2 sehingga bertumpuk, sampai ada gingsul, akhirnya dokter mencabut gigi dibawahnya dengan pertimbangan gigi dibawah gingsul itu pun sudah rusak, setelah saya pakai kawat gigi, gingsul pun turun ke bawah gigi saya sudah rapih, hanya saja gigi tengah saya menjadi jarang, selama 1 th terakhir pemakaian kawat gigi, dokter berusaha merapatkan, tetapi saat pakai karet (memang sakit), gigi bisa rapat, tetapi saat karet di lepas, gigi kembali jarang, sampai akhirnya gigi tengah saya goyang, saya akhirnya memutuskan melepas kawat gigi. Yang menjadi pertanyaan adalah adakah cara lain untuk mengakali gigi yg renggang di bagian tengah atas depan ini?, kalau bisa saya ingin yg permanent. Kira-kira berapa biaya nya. Terima kasih.( perempuan, 29 thn,155 cm,49 Kg)



Sdri yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Dari keterangan Anda saya berasumsi bahwa sebetulnya telah terjadi kelebihan ruangan pada rahang Anda, yang berakibat gigi tersebut selalu relaps untuk kembali renggang tanpa adanya tekanan. Namun tekanan yang berlebihan apalagi dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kerusakan tulang, kemungkinan itulah yang terjadi pada gigi depan sehingga menyebabkan gigi tsb goyang.

Alternatif solusinya, celah tersebut dapat ditutup dengan cara menambahkan bahan tambal sewarna gigi (resin komposit) pada mahkota gigi, sehingga seolah-olah sedikit memperlebar mahkota gigi, namun bergantung jg pada besarnya celah dan keahlian dokter gigi agar tidak tampak perbedaan antara jaringan gigi asli dengan bahan tambal. Jika celah yang harus ditutup terlalu besar maka ditakutkan gigi akan tampak tidak alami. Selain itu bisa juga dengan dibuatkan mahkota tiruan porselen atau metal porselen, namun terpaksa ada jaringan gigi sehat yang harus diasah.

Sebaiknya Anda mendapatkan second opinion dari dokter gigi lain secara langsung agar dapat kondisi gigi geligi Anda dapat dianalisa kemudian dibuatkan rencana perawatan yang paling sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan medis dan estetika.

Mengenai biaya perawatan sangat alternatif dan dapat berbeda-beda antara satu dokter dengan dokter yang lain, dan juga bergantung pada perawatan apa yang akan dilakukan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan.

Drg.Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Obat Penyakit Menular Seksual
Keluar Cairan Dari Telinga
Haid Terlambat, Normal atau Hamil?