klikdokter.com
Jumat, 19 September 2014
<

Tulang punggung menyempit

mau nanya, pada tulung punggung diantara tulang yang satu dengan yang lain ada jarak yang memisahkan atau istilahnya longgar dan diantara tulang tersebut ada yang memisahkannya. dan pertanyaanya dok. setelah melihat hasil rontgen saya dokter menjelaskan bahwa discus tulang saya agak tampak menyempit yaitu dari tulang punggung bagian bawah yang dekat dengan tulang pinggul. solusi untuk masalah ini apa?? apakah ada solusi lain selain dioperasi?? Terima ksih.( laki-laki, 23 thn,174 cm,60 Kg)



Bapak / Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Menurut pendapat Kami, keluhan Anda dikarenakan adanya penyempitan di ruas tulang belakang bagian bawah, dapat dikurangi dengan cara duduk dengan posisi tegak, menghindari mengangkat beban berat, olah raga teratur untuk memperkuat tulang belakang seperti berenang, senam pilates, menggunakan korset agar tulang belakang Anda tetap posisi tegak.

Itu saran yang dapat Kami sampaikan kepada Anda. Sayang, Anda tidak menyebutkan ruas nomor berapa. Biasanya solusi operasi diambil apabila sudah ada keluhan dengan adanya penyempitan tersebut seperti semutan, rasa sakit didaerah pinggang bawah sampai ke kaki, sulit berjalan.

Biasanya Anda dianjurkan untuk melakukan fisioterapi untuk mengurangi keluhan.

Demikian saran yang dapat Kami sampaikan, apabila sakit berlanjut Anda dapat berkonsultasi ke Dokter Spesialis Bedah Saraf untuk dievaluasi.(Ind)

Salam,

Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait

Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Gejala awal kanker serviks
Mentruasi 2 kali dlm sebulan?
Nabati sumber vitamin B12?