klikdokter.com
Minggu, 20 April 2014
Login | Register

Campak, Apakah Berbahaya?

pagi dok.. bayi saya berusia 11.5 bulan.pd jumat kemarin bayi sya panas tinggi sampai 39.1 tdk mau makan dan minum. sabtunya saya bw ke dokter ternyata ada radang tenggorokan dan sariawan tpi di tubuhnya muncul seperti gatal2 merah kata dokter itu baktri awalnya sedikit.. tpi pas hari minggunya muncul lebih banyak.ada tetangga bilang klo bayi saya terkena tampek,bedanya apa ya dok tampek dan campak.bahaya kah panyakit tampek,soalnya tdk dpat obat u gatal2nya itu.tpi selalu sya taburi bedak gatel.. tks ya dok( perempuan, 25 thn,170 cm,65 Kg)



 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Tidak ada istilah sakit “tampek” dalam dunia kedokteran, mungkin tetangga anda bermaksud untuk menyebutkan penyakit campak, namun beliau mendapatkan informasi yang salah mengenai nama penyakit tersebut.

Apakah anak anda sudah pernah mendapatkan imunisasi campak saat usianya 9 bulan? Jika belum, memang besar kemungkinannya bahwa penyakit yang diderita oleh anak anda saat ini adalah sakit campak. Campak merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang sangat mudah menular melalui percikan batuk atau bersin dari penderita campak lainnya. Penderita campak akan memperlihatkan keluhan awal seperti gejala-gejala flu, yaitu demam, hidung berair/tersumbat, batuk, mata merah, sakit otot. Gejala-gejala tersebut akan berlangsung selama 3-5 hari, kemudian diikuti oleh  munculnya ruam (merah-merah) pada seluruh badan yang awalnya akan muncul di di belakang telinga dan mulai menyebar ke bagian tubuh lain dalam waktu 1-2 hari. Ruam tersebut akan menghilang secara berangsur-angsur dalam waktu sekitar 4 hari.

Penularan penyakit ini akan terjadi dalam waktu 2-4 hari sebelum ruam kulit muncul hingga 4 hari setelah ruam kulit muncul, karena itu jauhkanlah anak anda dari anak-anak /orang-orang ain yang belum pernah menderita campak untuk menghindari penularan kepada orang lain. Seseorang yang sudah pernah menderita campak, seumur hidupnya akan kebal terhadap penyakit ini.

Memang tidak ada pengobatan khusus untuk penderita campak, namun anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya.Yang penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh anak anda dengan istirahat yang cukup dan nutrisi yang baik selama menderita penyakit ini. Pada anak yang sehat dan gizi cukup, daya tahan tubuhnya akan mampu melawan penyakit ini, sehingga jarang berakibat serius.

Obat-obatan yang diberikan kepada penderita sakit campak ditujukan untuk mengatasi gejala-gejala yang timbul. Dokter anak anda yang sebelumnya pasti telah memberikan pengobatan sesuai dengan gejala-gejala yang timbul. Jika anak anda mengeluh gatal-gatal pada ruamnya, anda boleh memberikan bedak tabur untuk menghilangkan gatalnya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Campak.Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter