klikdokter.com
Rabu, 30 Juli 2014

Mata silinder dapat sembuh?

Dok, anak saya 5 th mengalami silinder pada mata kiri dan kanan, sekitar 1 & 1.5 Dia malas memakai kacamata. Apakah silindris ini bisa sembuh? Apakah jus wortel & vitamin A (yg dijual bebas) bisa mengurangi? apakah harus terus menerus mengenakan kacamata? Thx. Gbu( perempuan, 38 thn,158 cm,57 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mata silindris atau astigmatisme (medis) adalah sebuah kondisi dimana bentuk permukaan mata yang disebut kornea atau lensa mata yang terletak lebih dalam, memiliki perbedaan kelengkungan pada permukaannya. Mata normal akan memiliki permukaan yang merata pada setiap arahnya, namun pada astigmatisme terdapat beberapa daerah pada permukaan yang sebagian rata atau cenderung dalam. Ibaratkan seperti telur atau bola rugby (normalnya seperti bola)Keadaan ini menyebabkan sinar yang masuk ke mata akan dibiaskan tidak pada satu titik fokus sehingga objek yang dilihat adalah tidak jelas dan berbayang. 

Pada umumnya, astigmatisme terjadi sejak lahir dan sebagian lainnya karena trauma, penyakit atau riwayat operasi pada mata  

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mengatasinya dapat diberikan bantuan kacamata lensa silinder. Ini adalah cara yang paling mudah- seperti pada kasus anak Anda. Pemberian kacamata lensa silinder memang tidak bersifat merubah bentuk bola mata yang sudah ada, tetapi membantu agar sinar yang masuk ke mata menjadi dibiaskan pada satu titik fokus dan kemudian objek yang dilihat menjadi jelas. 

Namun kemajuan teknologi memberikan harapan dengan melakukan bedah refraktif lasik, yaitu dengan cara merubah kelengkungan yang tidak rata menjadi rata. Untuk itu, Anda dapat membawa anak Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata yang menawarkan penanganan astigmatisme dengan bedah refraktif lasik. Karena semuanya sangat tergantung dari kondisi mata tiap penderita. 

Peran jus wortel atau vitamin A adalah pada kesehatan mata terutama pada bagian retina, namun tidak merubah bentuk kelengkungan kornea ataupun lensa. Namun, keduanya sangat baik untuk tetap dikonsumsi. 

Lantas, apakah anak Anda harus terus menggunakan kacamata? Kacamata dengan lensa silinder dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mendapatkan penglihatan yang jelas. Tidak ada hubungannya antara menggunakan kacamata dengan mengurangi silinder. Namun jika tidak menggunakan kacamata, seseorang biasanya akan memberikan keluhan seperti melihat jauh kabur sedangkan melihat dekat lebih baik, melihat ganda dengan satu atau kedua mata, melihat benda yang bulat menjadi lonjong, penglihatan akan kabur untuk jauh ataupun dekat, bentuk benda yang dilihat berubah, mengecilkan celah kelopak, sakit kepala, mata tegang dan pegal, mata dan fisik lelah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

 

 

 

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Makanan pencegah karang gigi?
Tonjolan di rongga mulut
perawatan syaraf pada gigi