klikdokter.com
Sabtu, 26 Juli 2014

Nyeri perut kanan bawah

setahun yang lalu saya mengalami sakit di bgn perut bawah kanan akibat mengangkat beban yg berat...kdn sy dianjurkan rontgen apendiks oleh dokter, hasilnya apendiks anatomis dimana apendiks saya secara anatomis mmg memungkinkan utk terjadinya apendisitis, setelah minum obat sembuh...nah bbrp bulan belakangan ini mulai sakit lagi tp disertai keputihan (cairan bening kadang keruh yg tdk spt biasanya tp tdk gatal dan tdk bau)...saya pernah konsultasi ke dokter, katanya nyeri diperut bawah kanan itu kemungkinan ada masalah pd appendiks atau ovarium...saya rutin melakukan papsmear tiap 6 bulan dan hasilnya negatif...apakah perlu saya melakukan pemeriksaan bgn ovarium??? pemeriksaan apa yg harus sy jalani utk mengetahui masalah pd ovarium? apakah cukup dgn USG? terimakasih( perempuan, 40 thn,160 cm,53 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, dan usus. Dari beberapa organ tersebut, memang penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis). Nyeri perut pada usus buntu umumnya dimulai dari daerah ulu hati, kemudian berpindah ke daerah perut kanan bawah. Biasanya keluhan nyeri perut pada usus buntu disertai pula dengan keluhan pencernaan (seperti penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, dll)  dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Demam juga dapat timbul, tetapi biasanya kenaikan suhu tubuh tidak akan lebih dari 38ºC. Jika ditemukan peningkatan suhu tubuh melebihi 38ºC maka kemungkinan besar sudah terjadi proses peradangan yang lebih luas di daerah perut.

Jika Anda benar di diagnosis usus buntu maka terapi yang tepat adalah dengan operasi. Jika keadaannya belum terlalu parah (peradangan tidak terlalu luas), maka dapat diberikan antibiotik saja, namun tingkat kekambuhannya mencapai 35%. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai usus buntu, Anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Appendisitis.

Keluhan nyeri perut yang Anda alami terjadi secara bersamaan dengan keluarnya cairan keputihan, sehingga dapat dicurigai juga bahwa nyeri perut yang Anda alami berkaitan dengan organ reproduksi yang terdapat di bagian kanan misalnya ovarium kanan ataupun jaringan adneksa. Sebaiknya Anda dapat melakukan pemeriksaan laboratorium darah untuk mengetahui adanya tanda infeksi dan pemeriksaan cairan keputihan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah keputihan yang dialami merupakan suatu keputihan yang disebabkan oleh bakteri. Jika tidak ditemukan adanya tanda infeksi, Anda  kemudian dapat melakukan pemeriksaan USG untuk memastikan apakah terdapat kelainan dari bentuk atau penyebab lainnya yang dapat menyebabkan keluhan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Apakah sperma berbau?
Sering buang air kecil?
Lama Perdarahan Haid Memanjang