klikdokter.com
Senin, 21 April 2014
Login | Register

Vagina keluar gumpalan darah

dokter yang terhormat , akhir akhir ini saya sering mengeluarkan gumpalan darah beku dari miss V , gumpalannya seperti waktu keputihan warnanya merah gelap, tidak berbau dan tidak gatal. padahal cairan kental dan menggumpal itu keluar tidak pada waktu saya haid. cairan apakah itu dok?? dan berbahayakah?? apa ada hubungannya cairan kental itu dengan kebiasaan saya yang akhir akhir ini sering petting dan oral sex?? , dan mengapa hal ini terjadi. Terima kasih dan mohon jawabannya (perempuan, 21 thn,157 cm,46 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menjelaskan sedikit mengenai siklus menstruasi.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari, berlangsung selama 3-7 hari, berjumlah antara 20-60 ml per hari, dengan rata-rata 40ml/hari dan perdarahan terbanyak berlangsung pada 2 hari pertama. Interaksi antara hipotalamus, hipofisis anterior, ovarium (indung telur), dan lapisan endometrium di rahimlah yang akhirnya menciptakan sebuah siklus menstruasi. Disfungsi atau gangguan di dalam salah satu sistem ini dapat menyebabkan gangguan pada pola menstruasi. Gangguan ini memiliki berbagai bentuk, mulai dari memendek/memanjangnya siklus menstruasi hingga timbulnya perdarahan, baik di dalam maupun di luar siklus menstruasi. Pada kasus Anda, terdapat beberapa kondisi yang mungkin dapat menjelaskan arti dari perdarahan yang Anda alami, yaitu:

  • Metroragia: perdarahan iregular yang terjadi antara 2 siklus menstruasi
  • Bercak di tengah siklus (midcycle spotting): bercak yang terjadi sesaat sebelum ovulasi, yang biasanya disebabkan oleh penurunan estrogen
  • Polimenorea: siklus menstruasi < 21 hari, dapat disebabkan gangguan fase luteal
  • Perdarahan pasca sanggama atau aktivitas seksual lain: dapat terjadi karena luka di permukaan

Selain faktor-faktor di atas, masih terdapat faktor stres yang juga dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal dan menimbulkan keluhan serupa.

Perdarahan yang Anda alami saat ini mungkin terkait dengan kebiasaan seksual Anda akhir-akhir ini, akan tetapi apabila kondisi ini terus Anda alami secara berulang, maka perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinannya. Diskusikanlah hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Sebagai referensi, berikut adalah URL Link artikel yang dapat Anda akses terkait keluhan Anda saat ini:

Perdarahan Rahim Disfungsional

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter