klikdokter.com
Rabu, 27 Agustus 2014
<

Siklus haid tidak teratur

Dok sy mau tanya nih. Sy punya pacar , setahun terakhir ini dia biasax mengalami Haid 2 kali dalam satu bulan, bahkan biasax waktu haid dia lebih dari waktu haid normal ( sampai 12 hari ), menurut dia ini terjadi klw dia sering naik motor d jalan raya yg blum d aspal (maklum jalan raya d daerahx blum d aspal). Dan dari hasil pemeriksaan dokter d sini, katax kondisi tubuh normal. Yang ingin sy tanyakan dok, apa nama penyakit yang di derita sama pacar sy ini, n sy mohon bantuanx Dok bagaimana cara mengobatix ? Sebelumx sy ucapkan banyak trima kasih atas jawabanx... Sukses Selalu .( perempuan, 23 thn,155 cm,40 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika waktu keluarnya darah haid menjadi lebih panjang dari waktu normal disebut dengan menoragi. Sedangkan jika siklus menstruasi terjadi dalam interval yang tidak teratur atau menjadi lebih sering, disebut dengan metroragi.

Jika mengalami waktu haid yang memanjang disertai dengan siklus tidak teratur maka disebut dengan menometroragi.  Siklus haid tidak teratur pada wanita muda umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

  • Stres psikologis

  • Atlit

  • Kekurangan vitamin K

  • Penggunaan obat-obatan tertentu

  • Kelainan pembekuan darah

  • Gangguan hormon tiroid

  • Dsb

Sayang sekali Anda tidak memberikan informasi mengenai pemeriksaan apa saja yang dilakukan oleh dokter tersebut dan apakah apakah beliau adalah dokter umum atau dokter kebidanan. Naik motor di jalan raya yang tidak beraspal tidak mempengaruhi siklus haid. Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (TRH)


Salam,


Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Terapi sumbatan saluran tuba
Khawatir bentuk siku melengkung
Sakit dada dalam kehamilan