klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Kesemutan Pada Seluruh Tubuh

Dokter, saya ingin bertanya tentang penyakit yang saya alami.. Dapatkah anda membantu mendiagnosa penyakit saya? Untuk informasi, saya memang memiliki kebiasaan hidup yang buruk yaitu: merokok selama hampir 8 tahun (saya baru menghentikan kebiasaan merokok secara total selama 6 bulan), kurang berolahraga, dan pola makan dan tidur yang kurang teratur. Keluhan saya adalah: Keluhan saya ini terjadi setiap kali sesudah saya minum kopi. Selama 4 bulan terakhir ini saya telah mengalami 4 kali kejadian yang mengerikan ini. Berawal dari kesemutan ringan di tangan, tetapi kemudian kesemutan itu semakin menghebat dan merambat ke seluruh tubuh saya, dada, kepala, lutut, kaki,dll. Bahkan tubuh saya terasa kaku dan sulit digerakkan terutama jari-jari tangan saya. Dan selama 4 bulan terakhir saya juga sering pusing-pusing kepala. Penyakit apa yang saya derita ini dokter? Terima kasih atas perhatian anda..( laki-laki, 25 thn,176 cm,60 Kg)



Bapak/Saudara yang Terhormat

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

 

Secara definisi kesemutan adalah sensasi abnormal pada kulit. Gejala ini hampir pernah dialami oleh semua orang. Pada dasarnya kesemutan merupakan suatu gejala dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur sepenuhnya akibat bermacam-macam hal.

 

Keluhan kesemutan ini dapat berlangsung sementara atau jangka panjang dengan penyebab yang berbeda. Hingga saat ini belum ada bukti yang mengatakan bahwa konsumsi kopi dapat memicu timbulnya kesemutan. Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

 
  • penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)

 
  • frekuensi napas cepat

 
  • serangan panik

 
  • dehidrasi (kurang cairan)

 
  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan

 
  • dsb.

 

Sedangkan kesemutan kronis (jangka panjang) dapat disebabkan oleh:

  • gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb
  • gangguan jantung dan pembuluh darah
  • gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
  • infeksi dan sindrom post-infeksi
  • gangguan jaringan ikat dan imunitas
  • kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
  • kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
  • keganasan/tumor otak
  • dsb

Mengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kesemutan, idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut oleh dokter spesialis saraf untuk mengetahui penyebab kesemutan pada diri anda. Kesemutan yang disertai dengan sakit kepala dapat disebabkan oleh adanya tumor di otak atau sumbatan pembuluh darah otak. Disamping itu, tumor pada otak biasanya juga disertai dengan adanya keluhan-keluhan lain seperti muntah-muntah, kelumpuhan kecil, dan kejang kejang. Untuk mengetahui hal tersebut (adanya tumor atau sumbatan pembuluh darah otak) dokter akan meminta anda untuk melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan CT-scan atau MRI. Dengan diketahui penyebab pastinya melalui beberapa jenis pemeriksaan maka masalah kesehatan anda dapat diterapi dengan lebih tepat sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai kesemutan, anda dapat membaca artikel yang berjudul Jangan Anggap Sepele Kesemutan. Semoga bermanfaat (DP)
Salam,

 

(Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Cegah Keguguran Berulang
Gigi atas patah
Vagina sakit saat berhubungan