klikdokter.com
Jumat, 25 April 2014
Login | Register

Aktifitas Normal Setelah Operasi

Dok, saya baru saja menjalani operasi histerektomi subtotal karena ada miom. Berapa lamakah setelah operasi saya boleh menjalankan kegiatan secara normal, seperti ke kanto, mengendarai mobil dan melakukan aktifitas seksual. Dan apakah akibatnya kalau saya melakukan aktifitas tersebut (bekerja dan menyetir mobil) 2 minggu pasca operasi. Terima kasih dok atas perhatiannya( perempuan, 39 thn,150 cm,42 Kg)



 

Ibu/Saudari yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Setelah menjalani operasi, anda tidak perlu khawatir untuk bergerak. Hampir semua pasien setelah menjalani operasi diharapkan mampu melakukan mobilisasi/menggerakkan badan sedini mungkin untuk mempercepat masa pemulihan pasca operasi. Selama anda dapat menahan rasa sakit akibat luka operasi, anda sudah boleh bergerak setelah operasi, namun belum boleh terlalu aktif bergerak.

Proses penyembuhan luka pasca operasi sangat tergantung dari keadaan kesehatan anda dan tipe operasi yang anda jalankan. Pada orang dewasa yang sehat biasanya proses penyembuhan luka ini akan berlangsung selama kurang lebih 2 minggu hingga 1 bulan. Proses penyembuhan luka ini akan menjadi lebih lama jika anda memiliki penyakit kencing manis (diabetes melitus), mengkonsumsi beberapa obat tertentu (seperti steroid) atau memiliki penyakit yang menurunkan sistem pertahanan tubuh anda. Untuk mempercepat proses penyembuhan luka, anda sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan protein.

Selama luka bekas operasi belum menutup dengan sempurna, hindarilah aktifitas yang terlalu berat. Jika anda sudah merasa cukup sehat dan kuat, anda sudah diperbolehkan untuk melakukan aktifitas sehari-hari yang ringan dan pekerjaan-pekerjaan kantor yang ringan. Untuk memastikan apakah proses penutupan luka anda sudah sempurna atau belum, ada baiknya jika anda memeriksakan luka anda kembali kepada dokter spesialis bedah anda 2 minggu setelah dilakukan operasi. Jika setelah dilakukan pemeriksaan terbukti bahwa luka telah menutup dengan baik dan dokter telah mengizinkan anda untuk beraktifitas kembali maka anda dapat melakukan aktivitas normal sehari-hari dengan aman.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter