klikdokter.com
Kamis, 31 Juli 2014

Gangguan Ereksi

Yth Dokter, saya mempunyai masalah dok, yaitu biasanya saya mengalami ereksi di pagi hari, namun sekitar 6 bulan ini tidak seperti biasanya, terkdang bisa namun kurang keras atau bahkan tidak ereksi pagi sama sekali, dan kebetulan saya pernah melakukan hubungan seksual dengan pasangan, namun beberapa waktu yang lalu saya kesulitan mempertahankan ereksi. saya berolahraga 2 kali seminggu, tidak merokok. namun ada beberapa gejala yaitu saya 6 bulan terakhir ini merasa tidur kurang pulas dan selalu terbangun jam 4 pagi, tidak seperti sebelumnya. mohon masukkan dokter. terimakasih.( laki-laki, 28 thn,179 cm,84 Kg)



Bapak/Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan.

Gangguan ereksi (disfungsi ereksi) dapat diartikan sebagai ketidakmampuan seseorang untuk memulai dan mempertahankan ereksi. Gangguan ini dapat disebabkan banyak hal, diantaranya adalah :

  • Kelainan pembuluh darah

Agar bisa ereksi, penis memerlukan aliran darah yang cukup. Karena itu gangguan aliran darah dapat menyebabkan gangguan ereksi.

  • Kelainan persarafan

Kerusakan saraf akibat penyakit kencing manis (diabetes melitus), alkohol, obat-obatan, juga dapat menjadi penyebab disfungsi ereksi

  • Obat-obatan

Sekitar 25% kasus impotensi disebabkan oleh obat-obatan seperti obat antihipertensi, anti depresi, anti psikosis, obat penenang, simetidin, dan litium

  • Masalah psikis yang mempengaruhi gairah seksual.

Masalah psikis seperti depresi, kecemasan, stres, perasaan bersalah, perasaan takut akan keintiman, dll juga menjadi penyebab yang cukup besar dari gangguan ereksi.  

Karena banyaknya kemungkinan penyebab, diperlukan evaluasi lengkap dengan tambahan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sesuai kecurigaan penyebab. Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis andrologi untuk mengevaluasi lebih lanjut gangguan ereksi yang anda alami.

Untuk lebih mengerti mengenai disfungsi ereksi dan untuk mengetahui tips-tips yang dapat dijalankan untuk mengatasi disfungsi ereksi, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Disfungsi Ereksi Pada Pria.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Terapi Akupuntur Terhadap Asma
Memutihkan Daerah Selangkangan
Sakit Punggung Saat Hamil