klikdokter.com
Kamis, 24 April 2014
Login | Register

Pemberian Suplemen Pada Anak

malam dok. dok saya mau tanya, tapi sebelumnya saya kasih data anak saya : usianya 7 bulan 13 hari (tanggal 16 desember usianya 8 bulan) jenis kelamin perempuan, beratnya sekitar 8 kg. pada usia anak saya 3 bulanan atau 4 bulanan saya kasih dia supplement "MARINOX DHA+ (1x softgel / hari sam pai usia 7 bulan kurang) & truvit (0.4 ml perhari. ini habis 1 botol saja yg ukuran 15 ml)(karena ada saudara saya bilang itu bagus untuk bayi jadi saya beri keanak saya)(tanpa saya konsultasi kedok.anak)" saya memberi Marinox dha + karena anak saya susah untuk minum asi, dia mau minum asi saat dia mau tidur saja dan kadang bisa 4 jam sekali dia minum, dan dia tidak mau susu formula, maka dari itu dok saya beri dia supplement marinox,bahkan sampai sekarang klo habis makan dia tidak mau minum.karena saya takut anak saya kekurangan vitamin dan saya memberi itu juga untuk perkembangan otaknya. dan kk saya pernah bilang klo anak bayi diberi vit.terlalu banyak sianak akan menjadi hyperaktif yang saya mau pertanyakan : Apakah supplement dan vitamin yang saya beri ke anak saya itu ada efek sampingnya dok? aman atau tidak ya? jika aman, apa bisa saya teruskan lagi untuk diberi keanak saya? apakah saya harus bawa anak saya kedok. untuk diperiksa lebih lanjut (karena saya takut apa yang saya lakukan salah)? boleh tidak saya beri dia suplemen agar anak saya mau makan n minum (karena anak saya tidak terlalu suka buah (pepaya, jeruk baby, pisang)? oh ya Dok. dua pertanyaan lagi pernah suatu saat saya beri anak saya pepaya (pepaya yang sudah halus) sore hari dan malamnya dia BAB tapi BABnya itu pepaya persis seperti yang saya beri keanak saya sore tadi. yang saya mau pertanyakan apakah usus anak saya bermasalah? Dok. Suntik BCG anak saya tidak jadi, apakah itu harus diulang lagi suntiknya Dok.(Soalnya waktu anak saya suntik, saya liat cairannya itu rada keluar sedikit)? soalnya kata bidannya suntik BCGnya bisa diualng sebelum dia suntik campak.Klo tidak kenapa.tolong diberi alasannya tolong dijawab ya DOK. Thx Sondang 27 tahun( perempuan, 1 thn,64 cm,8 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

1. Apakah supplement dan vitamin yang saya beri ke anak saya itu ada efek sampingnya dok? aman atau tidak ya?

Dilihat dari berat-badannya, maka pertumbuhan bayi Anda masih tergolong normal menurut usianya. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena hal ini menunjukkan bahwa meskipun makannya kurang namun dalam makanan yang diasupnya terkandung nutrisi lengkap sehingga pertumbuhannya sesuai dengan usianya. Namun, akan lebih baik apabila kita telusuri terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dari anak susah makan. Pada umumnya anak sulit makan dikarenakan berbagai macam faktor. Berawal dari anak mulai mandiri dan merasa berhak untuk mengatur selera makannya sampai adanya gangguan atau kelainan pola makan. Perhatikan juga, apakah anak anda sering sakit? Anak yang sering sakit umumnya memang berkurang selera makannya. Bila anak sering sakit, ada baiknya periksa ke dokter anak, sebab bisa jadi ada proses yang sifatnya kronis, atau bisa juga ada masalah lain yang belum diketahui, misalnya ada suatu infeksi.

Beberapa hal yang dapat Kami sarankan untuk membuat anak anda mau makan diantaranya:

  • Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang. Jangan biarkan anak terlalu sering memakan makanan kecil di luar makanan utama karena dapat menyebabkan anak kenyang.
  • Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda
  • Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya
  • Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi
  • Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian
  • Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

Di luar hal-hal tersebut, kekurangan asupan vitamin, khususnya kompleks vitamin B dan vitamin C, dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan. Sebetulnya vitamin tidak memiliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat. Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, anda dapat membantunya dengan memberikan suplemen multivitamin. Karena itu, anda tidak perlu khawatir untuk memberikan suplemen multivitamin kepada anak anda, jika anda merasa bahwa asupan zat gizinya dinilai kurang dari makanan-makanan yang dikonsumsinya. Namun, anda perlu hati-hati dalam memberikan suplemen bagi bayi berusia dibawah 1 tahun. Gunakanlah suplemen multivitamin dengan dosis yang disesuaikan untuk anak usia dibawah 1 tahun, bacalah petunjuk pemakaiannya. Anda tidak perlu menggunakan dua jenis suplemen jika kedua suplemen tersebut memiliki kandungan yang hampir sama. Karena itu, sebelum memberikan suplemen kepada anak anda, ada baiknya jika anda membaca terlebih dahulu kandungannya dan cara pakainya.

Jika nafsu makan anak anda sudah kembali, anda dapat menghentikan penggunaan multivitamin karena kebutuhan vitamin anak anda sudah cukup terpenuhi dari makanan yang dikonsumsinya sehari-hari.

Tidak benar bahwa penggunaan multivitamin dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif, selama multivitamin digunakan dengan dosis sesuai anjuran tidak akan menimbulkan masalah bagi anak anda.

2. Anak saya dikasih makan pepaya dan BAB anak saya itu pepaya persis seperti yang saya beri sore tadi. Apakah usus anak saya bermasalah?

Feses bayi memang umumnya tidak berbentuk, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair. Jika motilitas (gerakan) usus meningkat, maka makanan yang terdapat di dalam usus kurang dicerna dengan sempurna sehingga bentuk feses yang keluar akan lebih lembek dan masih memperlihatkan sedikit makanan yang dimakan. Dengan menambahkan lebih banyak serat dalam makanan bayi anda akan membantu proses pencernaan menjadi lebih baik.

3. Suntik BCG anak saya tidak jadi, karena saat anak saya disuntik, saya liat cairannya itu rada keluar sedikit, apakah itu harus diulang lagi suntiknya Dok?

Saat anak disuntik, memang terkadang sebagian cairan suntikan akan terlihat keluar. Namun jika jumlahnya hanya sedikit hal ini tidak akan mempengaruhi efek yang diberikan. Anda dapat mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter spesialis anak yang telah memberikan suntikan BCG kepada anak anda. Dokter akan melakukan suatu pemeriksaan yang dikenal dengan mantoux test untuk melihat apakah vaksin BCG yang diberikan sudah memberikan reaksi seperti yang diharapkan atau belum. Jika dari pemeriksaan mantoux test di dapatkan hasil negatif, maka pemberian vaksin BCG dapat diulang.  

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter