klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register

Bibir pecah-pecah pada bayi

Selamat mlm team klikdokter Saya mempunyai anak usia 5 bln,di daerah mulut terutama bibir dan lidahnya terlihat pecah2 ,ada yg mengatakan bhw anak saya jamuran. Oh iya anak saya selain mnm asi juga minum susu formula,dan ia jg menggunakan empeng (dot).s'blmnya saya ksh obat jamur yg dioleskan (centridin) ttp stlh mnggunakan obat tsbt si anak tampak lesu dan tidak ceria. Apakah penyakit yg timbul di sebabkan oleh dot yg digunakan dan apakah memang ada efek samping de obat yg dogunakan. Terima kasih( perempuan, 28 thn,155 cm,48 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Kliikdokter.

Keluhan pecah-pecah pada bibir dan lidah pada anak Anda mungkin saja akibat infeksi jamur dan dapat atau tidak  berhubungan dengan dot yang digunakan. Tentunya untuk mendapatkan kepastian penyebab diperlukan pengamatan dan pemeriksaan dari dokter. Namun sebagai informasi untuk Anda, akan kami paparkan mengenai infeksi jamur pada mulut.

Infeksi jamur yang terjadi di daerah sekitar mulut umumnya disebabkan oleh jamur Candida albicans yang disebut dengan oral thrush. Selain di mulut, jamur Candida juga dapat menyebabkan infeksi di daerah vagina dan lipatan kuku.

Candida dalam jumlah sedikit umumnya hidup pada kulit dan mulut yang sehat. Pada keadaan tersebut candida tidak berbahaya.

Namun jika terjadi perkembangbiakan yang berlebihan yang seringkali tidak diketahui penyebabnya , maka keadaan ini dapat menyebabkan oral thrush. Sehingga oral thrush  tidak hanya dikarenakan oleh higiene buruk pada mulut ataupun bayi tersebut dalam keadaan sakit.

Gejala yang dapat terlihat:

Bercak putih yang berkembang di dalam mulut atau lidah dan membentuk plak. Bercak tersebut dapat berubah menjadi kuning atau hijau. Bayi merasa tidak terganggu namun terlihat menolak makanan dan ngiler.

                   Gambar 1

                    Gambar 2

Umumnya penderita dapat diberikan obat anti jamur dengan kandungan nystatin dan gejala akan membaik. Namun bila lebih dari 7 hari tidak ada perbaikan, sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis anak untuk pemeriksaan menyeluruh.

Oral thrush dapat dicegah dengan cara:

Membersihkan semua peralatan dan mainan anak Anda yang di emut secara rutin. Jika anak Anda diberikan susu formula, pastikan dot dan botol yang digunakan disterilisasi sebelumnya. Pastikan kebersihan mulut anak Anda dari sisa susu yang menempel di bibir.

Keluhan anak tampak lesu dan tidak ceria mungkin kemungkinan berhubungan dengan rasa sakit akibat infeksi jamur pada mulut. Sayang sekali kami tidak menemukan kandungan obat centridin yang Anda kemukakan pada daftar obat. Jika benar memiliki kandungan anti jamur maka seharusnya obat   tersebut akan mematikan jamur, bukan menyebabkan rasa lesu .

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

Redaksi Klikdokter

 



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter