klikdokter.com
Kamis, 18 September 2014
<

Bisul pada Telinga

Dokter saya mau tanya, kenapa tiba2 daun telinga saya bagian dalamnya yg pas lekukan melembung seperti ada air didalamnya, lembungnya itu tidak besar dan tidak sampai keluar daun telinga, kejadian ini sdh berlangsung 1 bln. Rasanya sakit klo disentuh daun telinga bagian luar, sakitnya seperti masuk angin, tdk begitu sakit. Apa ini bisa disebabkan karena stress? Telinga saya sebelah kiri sdh pernah kejadian seperti ini sekitar tahun �06, akhirnya lembungnya menjadi keras sampai skrg, tapi tidak sakit, jg tidak terganggu dan yg skrg kejadiannya di telinga sebelah kanan. Pendengaran saya normal, dulu2 saya tidak pernah sakit parah, tidak pernah operasi, normal2 saja. Apa karena faktor umur.. Saya badminton 1 minggu 2 kali. Yang saya mau tanyakan berbahayakah dan apa efeknya kedepannya. Klo mau periksa ke spesialis apa? Terima kasih. (Jakarta, 14 nop 09). ( laki-laki, 44 thn,175 cm,70 Kg)



Bapak/Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Keluhan yang bapak rasakan saat ini, yaitu timbulnya gelembung kulit yang berukuran kecil (mungkin dapat digambarkan menyerupai bisul kecil) dan terasa sakit di telinga , dapat disebakan oleh adanya infeksi pada telinga bagian luar. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, jamur ataupun virus. Jika bisul berukuran kecil, biasanya memang tidak menimbulkan gangguan pendengaran, namun hanya menimbulkan rasa sakit saat telinga luar ditarik ataupun saat mengunyah.

Mengapa bisa terbentuk bisul di telinga?

Bisul pada telinga ini biasanya terjadi pada orang yang  sering membersihkan (mengorek) telinga dengan cutton bud (kapas dan lidi). Saat kita mengorek telinga dengan cutton bud, terjadi gesekan antara cutton bud dengan kulit di telinga luar dan tanpa disadari telah timbul luka ditempat tersebut. Luka yang terbuka ini akan memudahkan kuman untuk masuk dan menimbulkan infeksi sehingga menimbulkan bisul seperti yang bapak rasakan saat ini. Kelainan ini tidak berbahaya. Dengan obat tetes telinga yang digunakan secara tepat dan teratur dapat mempercepat proses penyembuhan infeksi telinga ini. Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, Bapak dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis THT.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat bermanfaat. (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Ejakulasi dini
Belum merasakan gerakan janin
Turun berat badan drastis setelah melahirkan