klikdokter.com
Selasa, 29 Juli 2014

Fatty Liver

dok saya kau konsultasi sekitar 1 bulan lalu saya sempat medical chekup. hasilnya SGOT 43U/l normal nya 10-31, SGPT 58 normalnya 9-36, GGT 18 normalnya 7-32, kolesterol total 215, HDL kolesterol 41, LDL Kolesterol 144, Trigliserida 148, Glukosa sewaktu 88, Ureum 18, Kreatinin 0,8 dan asam urat 4,7. diketerangan di tulis suspek fatty liver. Saya mau tanya 1. apa maksud dari fatty liver? 2. apa arti dari SGPT, SGOT dan GGT dan HDL dan LDL Kolesterol? 3. Apa yang harus saya lakukan selanjutnya? 4. Makanan apa yang boleh dan tidak boleh saya konsumsi? 5. Apakah ada obat untuk penyakit fattty liver tsb? Terimakasih ( perempuan, 24 thn,152 cm,51 Kg)



Ibu/Saudari yang Terhormat

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan pertanyaan anda.

1. Apa yang maksud dengan fatty liver?

Fatty liver (perlemakan hati) merupakan suatu keadaan dimana telah terjadi penumpukan lemak yang berlebihan di dalam sel-sel hati. Fatty liver disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol

  • Obesitas

  • Hiperlipidemia

  • Kencing manis

  • Sindrom metabolik

  • Obat-obatan (seperti kortikosteroid, tetrasiklin, asam valproat, metotreksat, karbon tetraklorid, fosfor kuning)

  • Operasi bypass pada usus kecil

  • Fibrosis kistik (bersamaan dengan kurang gizi)

  • Kelainan bawaan pada metabolisme glikogen, galaktose, tirosin atau homosistin

  • dan lain sebagainya

Penumpukan lemak pada sel hati ini akan menimbulkan reaksi radang di dalam hati sehingga dapat menyebabkan gangguan fungsi hati yang ditandai oleh peningkatan enzim hati (SGOT, SGPT,GGT, dll)

2. Apa yang dimaksud dengan SGPT, SGOT dan GGT dan HDL dan LDL Kolesterol?

SGPT, SGOT , dan GGT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan. Lebih lanjut kami akan mencoba menjelaskannya satu persatu:

  • SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase): merupakan  suatu enzim yang terdapat di dalam sel hati. Ketika sel hati mengalami kerusakan, akan terjadi pengeluaran enzim SGPT dari dalam sel hati ke sirkulasi darah dan akan terukur melalui pemeriksaan laboratorium.

  • SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) : seperti halnya SGPT, SGOT merupakan enzim hati yang terdapat di dalam sel parenkim hati. SGOT akan meningkat kadanya di dalam darah jika terdapat kerusakan sel hati. Namun SGOT tidak spesifik hanya terdapat di dalam hati. SGOT juga dapat ditemukan di sel darah, sel jantung dan sel otot, karena itu peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati.

  • GGT (Gamma glutamyl transpeptidase): merupakan enzim hati yang dapat ditemukan pada permukaan sel hati, sel saluran empedu, sel ginjal dan epidimis. Enzim ini hanya akan sedikit meningkat pada kelainan hati.

Sementara HDL dan LDL kolesterol merupakan jenis-jenis zat di dalam tubuh (lipoprotein) yang bertugas untuk mengangkut lemak dalam tubuh. HDL disebut juga sebagai kolesterol baik akan mengangkut lemak dari pembuluh darah untuk di buang di hati. Sementara LDL yang dikenal sebagai kolesterol jahat akan mengangkut lemak dari hati menuju ke organ-organ lain.

3. Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?

Anda harus dapat mempekirakan apa yang menjadi penyebab terjadinya fatty liver pada anda. Untuk itu anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis Penyakit Dalam. Jika anda telah mengetahui penyebab timbulnya fatty liver pada diri anda, anda dapat mengontrol penyebab itu untuk mencegah bertambah buruknya fatty liver yang telah anda derita saat ini. Misal, jika penyebab pada diri anda adalah konsumsi alkohol yang berlebihan, anda dapat mengurangi jumlah alkohol yang anda konsumsi untuk membatasi progresifitas dari penyakit ini.

4. Makanan apa yang boleh dan tidak boleh saya konsumsi?

  • hindari makan goreng-gorengan

  • makanan dengan kandungan tinggi lemak

  • hindari alkohol

  • hindari makanan yang akan memperberat penyakit yang menjadi penyebab terjadinya fatty liver pada diri anda

  • tingkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan

5. Apakah ada obat untuk penyakit fattty liver?

Tidak ada pengobatan yang ditujukan secara langsung untuk menyembuhkan fatty liver. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan untuk mengontrol penyebab dari terjadinya fatty liver  pada diri anda, atau obat-obatan untuk mengendalikan kadar kolesterol didalam tubuh anda.

 

Sekian informasi dari Kami. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Asupan vitamin C dalam kehamilan
Keputihan dalam kehamilan
Menstruasi yang berkepanjangan