klikdokter.com
Jumat, 25 April 2014
Login | Register

Mual & Pusing saat kehamilan

Dear dokter, Saya sedang hamil yang kedua, sedangkan anak saya yang pertama baru berumur 1,5 th. Pada hamil kali ini saya merasa sering mual ditambah lagi pusing setiap hari, sampai dengan sekarang, sedangkan saya mens terakhir tgl.7 juli 2009. Saya mengetahui hamil dari test pack dan sampai sekarang belum periksa ke bidan atau dokter. Apakah pusing ini berbahaya? berapakah umur kandungan saya saat ini, & normalkah perkembangan janin saya sedangkan berat badan saya sampai saat ini naik 2 kg dari semula 37 kg. demikian pertanyaan dari saya termakasih atas perhatiannya. Salam,( perempuan, 28 thn,153 cm,49 Kg)



 Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda mengenai keluhan yang dirasakan pada kehamilan kali ini. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Mual dan muntah pada ibu hamil memang umumnya wajar dirasakan pada trimester pertama. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan hormonal pada tubuh ibu yang memicu reaksi mual. Namun tidak tertutup kemungkinan mual baru dirasakan pada trimester kedua, karena sekali lagi kami tekankan bahwa hormonal sangat berpengaruh pada keluhan yang terjadi dimana berbeda-beda antar individu. Jadi, keluhan mual yang Anda rasakan sekarang masih termasuk wajar, asalkan Anda masih bisa makan dan tidak muntah terus menerus (hiperemesis gravidarum).

Sedangkan keluhan pusing dapat bermakna banyak. Terdapat beberapa tipe nyeri kepala dengan penyebab yang bervariasi. Tipe nyeri kepala yang paling sering ditemukan adalah tipe tension, di mana nyeri kepala umumnya terjadi di daerah temporal dan dapat menjalar ke daerah dahi atau belakang kepala.Keadaan ini juga seringkali disebut sebagai nyeri kepala kontraksi otot. 

Idealnya perlu dilakukan penilaian langsung terhadap keluhan yang Anda rasakan sehingga dapat dievaluasi berbagai keadaan yang mungkin menyebabkan. Adapun nyeri kepala umumnya lebih terkait dengan tekanan darah tinggi dibandingkan tekanan darah rendah.

Nyeri kepala dapat dicegah dengan menghindari faktor-faktor yang dapat mencetuskan atau memperberat keluhan tersebut.  Hal ini perlu dilakukan dengan menyesuaikan penyebab timbulnya keluhan nyeri kepala itu sendiri. Selain itu, cobalah untuk lebih rileks. Saat nyeri kepala timbul, cobalah untuk beristirahat sejenak. Penuhi kebutuhan nutrisi Anda dengan menerapkan pola makan sehat. Anda juga dapat mengonsumsi obat analgetik asetaminofen yang aman bagi ibu hamil. Apabila nyeri kepala menetap, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Umur kandungan Anda saat ini dapat dihitung dari hari terakhir haid terakhir (HPHT) dan USG. Jika HPHT Anda adalah tanggal 7 Juli 2009, maka umur kandungan Anda adalah 15 minggu. Dengan USG usia kehamilan dapat diketahui dengan lebih akurat dan tingkat kesalahan yang lebih rendah, serta untuk mengetahui perkembangan janin. Anda sebenarnya sudah dapat melakukan pemeriksaan USG pertama pada usia kehamilan 12 minggu. Pada saat itu, bentuk janin sudah terlihat seperti manusia sehingga dapat dilihat dengan dengan jelas jika ada kelainan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter