klikdokter.com
Rabu, 01 Oktober 2014
<

Bersepeda motor: amankah bagi bumil?

Siang dok, Saya ibu hamil dengan usia kehamilan 10 minggu, setiap hari saya pulang dan pergi bekerja dengan menggunakan sepeda motor. JArak tempuh dari rumah ke kantor sekitar 5 km. Pergi kemana-manapun saya harus menggunakan motor karena kalo saya naik mobil, perut saya langsung mual dan pusing. Jalan menuju ke kantor saya agak bergelombang. Apakah kehamilan saya tidak apa2 bila saya selalu berkendaran motor setiap saya bepergian, baik jarak dekat ataupun jarak jauh? Selama in saya tidak mempunyai keluhan apa2 terhadap kehamilan saya, tidak pernah muntah2 ataupun mual. Terimakasih dok atas jawabannya. (perempuan, 26 thn,160 cm,64 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Bepergian menggunakan sepeda motor sebenarnya bukanlah suatu halangan bagi bumil, akan tetapi lebih baik apabila dilakukan selama trimester kedua kehamilan. Hal ini perlu mendapat perhatian mengingat risiko keguguran yang masih tinggi selama kehamilan trimester pertama, apalagi dengan jalan jauh dan bergelombang seperti yang Anda lalui selama ini.

Risiko ini belum ditambah dengan risiko kecelakaan lalu lintas yang lebih sering menimpa pengendara sepeda motor. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan Anda dan janin dalam kandungan Anda. Usahakanlah untuk bepergian menggunakan mobil sebisa mungkin, dan jangan lupa untuk senantiasa memeriksakan kehamilan Anda secara teratur ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda, agar kehamilan Anda saat ini dapat berjalan baik tanpa masalah yang berarti.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Benjolan di payudara anak
Sulit mempertahankan ereksi
Ingin menunda haid