klikdokter.com
Kamis, 28 Agustus 2014
<

Fungsi suplemen kesuburan pria

Yth. klik dokter...Dokter suami saya ingin mencoba suplemen yang mengandung zat-zat untuk meningkatkan kualitas sperma yang dijual bebas. Suplemen tersebut (surbex Z dan numen Z)maaf menyebutkan merek. Adakah efek samping negatif penggunaan suplemen tersebut secara bebas. apakah obat atau suplemen tersebut sama fungsinya dengan obat kuat, atau hanya berupa vitamin saja? terima kasih.( perempuan, 25 thn,165 cm,57 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Suplemen-suplemen yang Ibu sebutkan mengandung mikronutrien berupa vitamin dan asam amino yang memang memiliki pengaruh positif dalam kesuburan atau fertilitas pria. Fungsinya tentu berbeda dengan obat kuat. Beberapa kandungan tersebut, antara lain:

  • Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)
  • Vitamin B6: Penting dalam pembentukan hormon seks pria
  • Vitamin B12: Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik. Kadar yang kurang menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampan gerak sperma.
  • Vitamin E: Juga merupakan antioksidan. Membantu sperma dalam penetrasi sel telur.
  • Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.
  • Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pemebentukan serta fungsi normal sperma.

Karena merupakan mikronutrien-mikronutrien yang sebetulnya juga terdapat di dalam makanan, konsumsi suplemen-suplemen ini tidak memiliki efek samping, kecuali dikonsumsi secara berlebih. Karena itu, ikutilah aturan minum yang tertera di label suplemen.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.


(Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Konsumsi asam folat pre-kehamilan
HPHT vs Ultrasonografi
Cara pasang popok anak