klikdokter.com
Kamis, 02 Oktober 2014
<

Kapan bisa mendeteksi kehamilan?

Pemeriksaan dengan USG bisa mendeteksi kehamilan sejak telat haid berapa minggu dan kalo test Pack bisa kapan?( perempuan, 29 thn,150 cm,55 Kg)



Ibu/ Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

USG dianjurkan pada usia kehamilan 12 minggu karena pada waktu itu Anda dapat melihat bentuk janin yang menyerupai manusia sempurna. Di bawah usia tersebut atau kurang dari 9 minggu, USG hanya dapat melihat kantong kehamilan saja dan belum terlihat janin karena masih terlampau kecil untuk dilihat.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Pemeriksaan USG dalam kehamilan, Anda dapat mengakses situs kami :

USG Akurat Deteksi Kelainan Janin

Sedangkan untuk mengetahui usia kehamilan, Anda dapat melakukan perhitungan menurut  HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila Anda memiliki siklus menstruasi teratur dan normal (siklus 21-35 hari, @3-7 hari). Apabila siklus Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.

Misalkan, jika siklus haid Anda teratur dan haid terakhir adalah tanggal 25-30 Agustus 2009, maka HPHT Anda adalah 25 Agustus 2009. Kemudian Anda dapat melakukan perhitungan usia kehamilan sejak tanggal tersebut hingga saat ini.

Test pack bekerja dengan cara mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Keberadaan marker ini dapat dideteksi dalam darah maupun urin kira-kira setelah implantasi (6-12 hari setelah terjadinya pembuahan). Ingat! bukan 6-12 hari setelah hubungan seksual. Proses pembuahan sangat tergantung dari siklus menstruasi setiap wanita.

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai tumbuh kembang janin di dalam kandungan selama minggu 1-40 beserta dengan tipsnya melalui fitur kami di bawah ini:

kalendar kehamilan


Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (PI)


Salam,


Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Amankah Sabun Pembersih Vagina?
Asam urat dan ginjal
Bayi naik pesawat: Bolehkah?