klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register

Oligoastenozoospermia

Yth. dokter... saya sudah 1.5 tahun menikah tetapi belum di karuniai anak. Kami sangat menantikannya.. kemarin kami sudah melaksanakan tes sperma, dan hasilnya oligosthenozoospermae. Jumlah sperma suami 17 juta/ml dan gerak baiknya 40%,kurang baik 35%, tidak bergerak 24%. sperma normalnya 50%. dengan spesifikasi diatas apakah suami saya masih dibilang bagus, ataukah harus ada terapi atau obat yang dikonsumsi agar spermanya normal? dengan spesifikasi diatas apakah ada tips khusus untuk mempercepat kehamilan,seperti jeda waktu hubungan seks atau posisi? terima kasih banyak dok...( perempuan, 25 thn,165 cm,57 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda

Berdasarkan pemeriksaan analisis sperma didapatkan hasil oligoastenozoospermia, yaitu suatu keadaan dimana jumlah sperma kurang dari normal (<20 juta/ml), pergerakannya (gerak lurus cepat atau gerak lurus lambat) kurang dari 40%, sedangkan bentuk sperma yang tidak normal juga di atas 40%. Adanya gangguan pergerakan ini mempengaruhi kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

Penyebab keadaan ini bermacam-macam, antara lain gangguan pembuluh darah, infeksi, imunologi, testis terlampau panas, dll. Karena itu perlu dieksplorasi lebih lanjut kemungkinan penyebab hal ini. Analisa sperma yang kurang baik, seperti yang dimiliki oleh suami ibu, memang  menurunkan peluang untuk memiliki anak. Semakin buruk hasilnya maka peluang untuk memiliki anak dengan cara alami juga akan semakin kecil. Hal ini karena untuk memiliki anak terlibat proses yang sangat komplek baik dari suami, istri maupun keduanya.

Untuk penatalaksanaan selanjutnya, sebaiknya suami dan ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis Andrologi. Pencarian dokter dapat dilakukan melalui fitur Pencarian Dokter yang terdapat di halaman depan website kami. Sementara itu, hindarilah kebiasaan yang menyebabkan testis berada dalam suhu yang terlalu panas, seperti berendam di air hangat, memakai celana yang terlalu ketat, dll.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (TRH)

Salam.

 Redaksi Klikdokter.



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter